logo

10/05/19

Stok Banyak, Kalau Harga Bawang Putih Tidak Wajar Importir Harus Tanggung Jawab

Stok Banyak, Kalau Harga Bawang Putih Tidak Wajar Importir Harus Tanggung Jawab

NUSANEWS - Semua importir bawang putih di Indonesia harus bertanggung jawab bila terjadi kenaikan harga yang tidak wajar.

Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian Suwandi saat melakukan operasi pasar Bawang Putih di Pasar Panjang, Bandar Lampung, Kamis (9/5).

Dimana harga yang ditetapkan oleh pemerintah adalah berkisar di angka Rp25.000-Rp30.000 diseluruh pasar tradisional di Tanah Air. Harga tersebut ditetapkan setelah ratusan ton bawang putih impor digelontorkan oleh pemerintah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan.

“Para importir bertanggung jawab juga harga tersebut berlaku sampai ke konsumen," tegasnya.

Diakui Suwandi sebelumnya harga bawang putih memang sempat menyentuh angka Rp60.000 per kilogram, namun setelah operasi pasar ini Ia berharap harga normal kembali.

Ia mengimbau para importir mematuhi aturan tersebut karena selain dari pemerintah, sejumlah distributor juga dilibatkan dalam memenuhi kebutuhan bawang putih di Tanah Air.

“Oleh karena itu, sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiaman, kami meminta pada para importir di seluruh Indonesia untuk bertanggung jawab agar harga bawang putih turun dari rata rata Rp48.000 per kilogram hingga Rp60.000 per kilogram menjadi Rp25.00 per kilogram dan paling mahal Rp30.000 per kilogram,” jelasnya.

Suwandi mengingatkan bila stok bawang putih selama Bulan Ramadan hingga Idul Fitri 2019 melebihi kebutuhan. Dengan kata lain tidak ada lagi alasan harga naik sama sekali.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Edi Yanto mengatakan pihaknya memiliki dua Toko Tani Indonesia (TTI) yang beroperasi setiap hari yang menawarkan harga pangan murah dan berkualitas, seperti beras yang hanya dipatok seharga Rp8.500 per kilogram, gula pasir Rp12.000, minyak goreng Rp10.000, telur Rp21.000 per kilogram, daging ayam Rp31.000 per kilogram, daging sapi Rp80.000 per kilogram, bawang merah Rp22.000 per kilogram dan bawang putih Rp25.000 per kilogram.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, silahkan datang membeli ke sini. Semua pangan pokok tersedia dengan harga murah. Ini sesuai Arahan Bapak Menteri Pertanian, kami diminta turun langsung mengecek ke lapangan harga komoditas pangan strategis khususnya bawang putih. Pasokan harus terjamin dan harga stabil,” beber Edi.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...