logo

13/04/19

Survei Big Data: Tanpa Melibatkan Akun Palsu, Jokowi Diperkirakan Kalah

Survei Big Data: Tanpa Melibatkan Akun Palsu, Jokowi Diperkirakan Kalah

NUSANEWS - Berdasarkan analisa dan pendalaman dari jumlah percakapan dan topik pembicaraan di media sosial yang tidak melibatkan akun bot atau akun palsu, pasangan Joko Widodo dan Maruf Amin diprediksi akan kalah dalam pemilihan presiden 2019.

Menurut Menara Digital Network yang melakukan monitoring dan analisa big data dan social media dalam masa kampanye, pasangan nomor 01 itu akan memperoleh dukungan sebesar 44,4 persen.

Adapun pasangan 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno akan mendapatkan dukungan sebesar 55,6 persen.

Dalam surveinya, Menara Digital melakukan analisa terhadap sentimen di media sosial juga social network analysis (SNA) dan persebaran pembicaraan.

Dalam hasil yang dirilis, Menara Digital mengatakan pengumpulan data dalam survei dilakukan secara real time dari berbagai media sosial yang ada di Indonesia, baik Facebook, Twitter, Youtube, forum online dan news portal.

Menara Digital merasa perlu untuk melakukan filter dan mengeluarkan akun bot atau palsu dari analisa yang dilakukan.

“Data yang diambil dari postingan yang mengandung kata kunci Joko, maruf, Prabowo dan Sandiaga, dan semua variasi penulisannya,” tulis Menara Digital sambil menambahkan data yang dianalisa dikumpulkan dari tanggal 11 Maret hingga 24 Maret 2019.

Total percakapan yang dianalisa Menara Digital sebanyak 6.034.878 pembiciaraan. Dari angka ini sebanyak 3.002.779 terkait dengan Jokowi dan Maruf (49,8 persen). Sementara yang terkait dengan Prabowo dan Sandi sebanyak 3.032.099 atau 50,2 persen.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...