logo

17/04/19

PSI Terancam Tak Lolos DPR, Grace Natalie: Kader Jangan Putus Asa

PSI Terancam Tak Lolos DPR, Grace Natalie: Kader Jangan Putus Asa

NUSANEWS - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie meminta segenap kader, juga para caleg parpol baru itu tak putus asa meski PSI diproyeksi tak lolos DPR dalam banyak quick count hasil Pileg.

Menurut Grace, meski diperkirakan tak lolos, proyeksi raihan suara PSI di kisaran dua persen atau tiga jutaan, tetap layak diapresiasi.

"Saya meminta kawan-kawan pengurus dan caleg tidak putus asa, dan tetap menjaga suara kita," ujar Grace pada Rabu, 17 April 2019.

Selain itu, mantan presenter televisi ini menyampaikan, meski tak lolos di parlemen nasional, para caleg PSI di tingkat daerah tetap memiliki kemungkinan untuk lolos ke DPRD. Grace menegaskan hal itu tetap merupakan prestasi politik PSI.

"Saya yakin bahwa akan banyak kawan-kawan yang berpeluang mendapatkan kursi di DPRD provinsi dan kabupaten kota. Ini adalah modal politik yang harus kita rawat," ujar Grace.

Grace juga menekankan, perjuangan PSI di Pileg 2019 tetap merupakan pengalaman berharga bagi PSI. PSI sekaligus membuktikan bahwa meski mendapat dukungan yang tidak benar-benar besar, masih ada masyarakat yang berkenan memberi kepercayaan politik kepada PSI.

"Tidak ada penyesalan. Sama sekali tidak ada penyesalan atas setiap tetes keringat dan air mata yang jatuh selama membangun partai ini. Kami, anak-anak muda PSI telah terlibat dalam sebuah perjuangan yang bagi kami sangat luar biasa," ujar Grace.

Sebelumnya, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count lembaga survei Indikator di pemilihan legislatif, pada pukul 19.05 WIB, dan data masuk mencapai 55,85 persen, terlihat bahwa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memimpin perolehan suara terbanyak.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu meraih suara sebanyak 19,77 persen. Posisi kedua ditempati oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebesar 12,92 persen.

Selanjutnya posisi ketiga adalah Partai Golongan Karya (Golkar) dengan 11,85 persen. Lalu keempat ditempati Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 10,19 persen.

Kemudian posisi kelima, Partai Nasdem 8,89 persen. Keenam, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 8,16 persen.

Posisi ketujuh adalah Partai Demokrat 7,43 persen, dan kedelapan Partai Amanat Nasional (PAN) 6,55 persen. Sedangkan posisi kesembilan ditempati oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan 4,55 persen.

Dalam hitung cepat ini, diketahui bahwa Partai Hanura menjadi salah satu partai yang tidak lolos ke DPR. Karena mereka hanya meraih suara sebesar 1,58 persen.

Partai lainnya adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Berkarya dan lain-lain.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...