logo

09/04/19

Pengamat Sebut Big Four Mampu Yakinkan Swing Voters untuk Pilih Prabowo-Sandi

Pengamat Sebut <i>Big Four</i> Mampu Yakinkan Swing Voters untuk Pilih Prabowo-Sandi

NUSANEWS - Tokoh-tokoh nasional yang berada di barisan Paslon 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dinilai belum cukup mampu untuk menggerus elektabilitas Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun, meski demikian, keberadaan tokoh senior sangat penting untuk meyakinkan para pemilih mengambang (swing voters).

Demikian disampaikan oleh Pengamat Politik Adi asal UIN, Adi Prayitno menanggapi efektivitas keberadaan empat tokoh "big four", Rizal Ramli, Rachmawati Soekarnoputri, Titiek Soeharto dan Hashim Djojohadikusumo, dalam barisan Prabowo-Sandi.

"Kalau menggerus elektabilitas 01 tidak mungkin, agak sedikit susah, karena 01 memiliki basis loyalitas yang solid. Paling mungkin adalah bagaimana mengubah persepsi kelompoks swing voters, yang angkanya cukup besar, 13 persen," ujarnya kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (8/4).

Ia menjelaskan, para pemilih mengambang sesungguhnya adalah kelompok kritis, yang kecewa terhadap pemerintahan Jokowi. Hanya saja, mereka belum secara otomatis menjatuhkan pilihan kepada Kubu 02.

Untuk menyiasati hal tersebut, lanjut dia, sangat tepat jika dimunculkan sosok seperti Rizal Ramli. Sebagai mantan menteri Jokowi, Rizal Ramli memiliki narasi yang cukup kuat untuk menunjukkan buruknya performa rezim saat ini.

"Nah munculnya Rizal Ramli sebenarnya cukup efektif untuk memberikan satu narasi informasi, injeksi informasi yang berkaitan dengan informasi-infromasi bahwa pemerintah saat ini sedang tidak oke," tuturnya.

Kubu Prabowo, lanjut dia, sebaiknya fokus untuk meyakinkan para pemilih mengambang agar tidak menjadi golongan putih (golput) dalam Pilpres 17 April nanti.

"Ketimbang swing voter ini golput, tentu mereka harus dimobilisasi sebagai bagian dari kepentingan dukungan 02," pungkasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...