logo

17/04/19

Media Internasional Soroti Quick Count Sementara yang Menangkan Jokowi

Media Internasional Soroti Quick Count Sementara yang Menangkan Jokowi

NUSANEWS - Hasil quick count untuk pemilu 2019 di Indonesia yang mulai dirilis ke publik, menjadi pembahasan media-media internasional. Media-media asing fokus mengulas quick count pemilihan presiden (pilpres) yang untuk sementara menunjukkan keunggulan Jokowi atas rivalnya, Prabowo.

Seperti dikutip dari berbagai media internasional pada Rabu (17/4/2019), media Inggris, Independent, mengulas quick count itu dalam artikel berjudul 'Indonesia election: President Joko Widodo on course for second term, early results show'.

"Presiden incumbent Joko Widodo ada dalam jalur kemenangan dalam pemilu Indonesia, hasil tidak resmi pertama kali menunjukkan demikian, dengan salah satu penghitungan menempatkannya 13 persen lebih unggul dari rivalnya," tulis Independent dalam artikelnya.

Independent mengutip quick count Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dan Litbag Kompas, yang masuk daftar lembaga quick count yang terdaftar secara resmi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Media internasional, Reuters, memberitakan quick count pilpres dalam artikel berjudul 'Early results put Widodo comfortably ahead in Indonesia's election'. Reuters menyebut pihaknya mengutip data quick count sementara dari CSIS yang menunjukkan selisih lebih dari 10 persen antara Jokowi dan Prabowo.

"Hasil awal dari pemilu Indonesia pada Rabu (17/4) waktu setempat menunjukkan Presiden Joko Widodo unggul dengan nyaman, sesuai dengan jajak pendapat yang telah memprediksi reformasi low-key ini menuju periode lima tahun kedua," tulis Reuters mengawali artikelnya.

Media ternama Amerika Serikat, The Washington Post, juga memberitakan data quick count sementara dalam ulasan berjudul 'The Latest: Early Indonesia results show Widodo in lead'.

Tak ketinggalan, media Singapura, The Straits Times, memberitakan quick count pilpres Indonesia dalam artikelnya berjudul 'Early quick count tallies point to Joko victory in Indonesia elections'.

"Presiden incumbent Joko Widodo dan pasangannya Ma'ruf Amin unggul dalam sejumlah hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga survei berbeda," tulis The Straits Times dalam artikelnya.

"Melihat pemungutan suara untuk pemilihan umum terbesar di Indonesia dimulai dengan awal yang lancar, kedua calon presiden optimis soal kesempatan mereka dalam pemungutan suara," imbuh artikel The Straits Times.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...