logo

03/04/19

Indikator: Basis Parpol Pendukung Jokowi Banyak yang Merapat ke Prabowo

Indikator: Basis Parpol Pendukung Jokowi Banyak yang Merapat ke Prabowo

NUSANEWS - Indikator Politik Indonesia kembali merilis hasil survei menjelang Pemilu 2019.

Hasil penelitian terbaru menunjukkan bahwa dukungan menurut basis koalisi partai politik kepada pasangan capres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin masih unggul

Uniknya ada beberapa basis parpol yang mendukung pasangan tersebut juga memberikan dukungan ke pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Indikator Burhanudin Muhtadi menjelaskan, 10 parpol yang tergabung dalam koalisi Jokowi-Maruf secara signifikan ada beberapa kadernya yang juga memberikan dukungan ke pasangan 02. Yakni Partai Golkar sebanyak 57 persen ke 01 dan 39 persen ke 02, Partai Nasdem 61,5 persen ke 01 dan 35,3 persen ke 02.

Sementara Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 64 persen basisnya mendukung 01 dan 33,8 persen mendukung 02. JUga terjadi pada Partai Perindo di mana 52,8 persen basis partainya ke 02 dan 46,6 persen ke 01.

"Dari sini terlihat bila dalam satu partai saja, basis partai bisa terbagi menjadi dua," kata Burhanudin dalam konferensi pers di Kantor Indikator, Cikini, Jakarta, Rabu (3/4).

Walaupun ada beberapa parpol yang kurang lebih basisnya cukup besar mendukung ke pasangan 01 namun basis parpol pengusung 01 tetap solid dengan total keseluruhan pendukung 61,1 persen. Sementara basis partai pendukung 02 sebesar 29,4 persen dengan jumlah non parpol 9,5 persen.

"Basis partai politik dalam koalisi kosong satu masih solid. Total basis partai koalisi paslon kosong satu lebih besar ketimbang total basis partai koalisi kosong dua, lebih dari dua kali. Secara umum dari partai koalisi solid mendukung paslon yang diusung," jelas Burhanudin.

Survei Indikator sendiri dilakukan terhadap 1.220 responden pada 22-29 Maret 2019. Dengan metode multistage random sampling pengumpulan data dilakukan secara wawancara tatap muka. 

Hasil survei mendapati tingkat kesalahan sekitar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...