logo

06/04/19

Elektabilitas Petahana Ambrol, BPI: Jokowi-Maruf 36,30 Persen, Prabowo-Sandi 55,19 Persen

Elektabilitas Petahana Ambrol, BPI: Jokowi-Maruf 36,30 Persen, Prabowo-Sandi 55,19 Persen

NUSANEWS - Bimata Politica (BPI) merilis survei terbaru Pilpres 2019. Hasilnya elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul jauh di atas Joko Widodo-Maruf Amin.

Paslon nomor urut 02 meraih 55,19 persen. Sementara nomor urut 01 alias petahana, harus puas di angka 36,30 persen.

Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha mengatakan, ada beberapa faktor yang melatarbelakangi melorotnya elektabilitas Jokowi. Selain soal netralitas aparat negara, isu korupsi di pemerintahan maupun partai pendukung Jokowi ikut menjadi penyebab turunnya elektabilitas tersebut.

"Perubahan elektabilitas kedua kandidat dalam sebulan terakhir, bahkan hari-hari terakhir sebelum pemilihan, cenderung sangat dinamis dan mengikuti isu per isu," kata Panji seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jabar.

Menurut Panji, apabila ada salah satu pendukung kandidat calon itu tersangkut korupsi. Maka akan langsung berdampak terhadap elektabilitasnya.
"Tidak menutup kemungkinan limpahan suara akan beralih ke kandidat lainnya," tandasnya.

Perlu diketahui, survei BPI digelar pada 23 hingga 29 Maret 2019 dengan margin of error 3,062 di 34 provinsi dengan melibatkan 1022 responden. Survei itu juga menunjukan angka belum menentukan pilihan atau tidak menjawab sebesar 8,51 persen.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...