logo

23/03/19

Tersebar Video Kades Dua Kecamatan di Sukabumi Dukung Jokowi

Tersebar Video Kades Dua Kecamatan di Sukabumi Dukung Jokowi

NUSANEWS - Video dukungan diduga para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sukabumi terhadap pasangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin tersebar di jejaring media sosial dan aplikasi pesan singkat.

Dalam video berdurasi sekitar 30 detik itu terdengar suara seseorang yang seolah mengarahkan para kades tersebut. Ada belasan orang yang ikut mendeklarasikan dukungan mengenakan pakaian bebas.

"Siap, satu dua tiga kami para kepala desa se Kecamatan Warungkiara dan Bantargadung. Siap mendukung pasangan 01 Jokowi Ma'ruf Amin untuk menjadi presiden yang kedua kalinya. Hidup Pak Jokowi," ucap seseorang yang tidak terlihat dalam video yang mengarahkan perkataan deklarasi tersebut kepada belasan orang.

Dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Teguh Hariyanto Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi mengaku sudah mengetahui soal video tersebut, perkaranya sendiri saat ini berstatus temuan.

"Itu sudah dilimpahkan karena tidak ada pelapor jadi temuan, sedang diproses oleh pihak Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu)," ungkap Teguh kepada detikcom, Sabtu (23/3/2019).

Terkait alasan mereka membuat video tersebut Teguh mengaku belum memeriksa secara mendalam meski begitu pihaknya sudah melakukan klarifikasi meskipun saat ini penanganan oleh pihak Gakumdu.

"Sudah diklarifikasi, memang ada pada hal tersebut (pembuatan video) jikapun alasan-alasannya kalau di Gakumdu nanti lebih rincinya. Jadi saya belum bisa memberikan statemen belum klarifikasi di tingkat Gakumdu yang akan dilaksanakan," lanjut Teguh.

Dia juga memastikan penanganan akan dilakukan pihaknya sesuai dengan prosedur. Teguh juga belum bisa menyebutkan ada berapa Kades yang terlibat dalam deklarasi.

"Jadi intinya Bawaslu menangani kasus tersebut, sesuai dengan prosedural penindakan, terkait itu (jumlah) saya belum ini jadi nanti hasilnya kami kabari setelah klarifikasi lengkap," tandas dia.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...