logo

28/03/19

Soal Genderuwo, PAN: Pak Amien Hanya Ingatkan Penyelengara Pemilu Hati-Hati

Soal Genderuwo, PAN: Pak Amien Hanya Ingatkan Penyelengara Pemilu Hati-Hati

NUSANEWS - Politisi senior PAN Amien Rais beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Hotel Borobudur Jakarta tempat terakhir penghitungan suara beberapa pemilu banyak dihuni oleh genderuwo dan jin.

Praktis, hal itu juga membuat pihak manajemen Hotel Borobudur meradang. Menurutnya pernyataan Amien itu tidak memiliki dasar.

Menurut Ketua DPP PAN Yandri Susanto, pernyataan Amien Rais tersebut hanya sebuah analogi dari adanya hacker yang kerap mengacaukan sistem pemilu.

"Peringatan Pak Amien, kemungkinan itu (penghitungan pemilu) diganggu atau kemungkinan itu dijadikan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab atau menagcaukan, genderuwo kan biasanya pengacau kan? Makhluk yang tidak kita sukai kan?" ucap Yandri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (28/3).

Dia menjelaskan bahwa genderuwo itu merupakan sebutan untuk para hacker pengacau pemilu. Yang membuat hasil pemilu bisa dirubah-rubah sesuai kepentingan.

Sambung Yandri, peringatan dari Amien Rais itu bermakna positif agar para penyelenggara pemilu bisa melakukan deteksi dini terhadap ancaman-ancaman dari para IT yang tidak bertanggung jawab.

"Maka Pak Amien bagus justru ini kan peringatan bagi kita semua, buat KPU. Bawaslu untuk hati-hati," imbuhnya.

Anggota Komisi II DPR ini menyatakan bahwa hal itu juga diakui oleh KPU sendiri yang sudah beberapa kali sistem IT-nya diretas oleh hacker.

"Iya karena kan KPU juga mengakui beberapa kali data mereka di-hack kan? Dan tidak bisa beroperasi dan jangan sampai itu bisa membuat situasi yang tidak kondusif," pungkas Yandri.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...