logo

29/03/19

RR: Sumitro Djojohadikusumo Pernah Bantu Malaysia Selesaikan Kerusuhan Sosial

RR: Sumitro Djojohadikusumo Pernah Bantu Malaysia Selesaikan Kerusuhan Sosial

NUSANEWS - Kerusuhan sosial antar etnis yang pernah terjadi di Malaysia pada tahun 1969, bisa diselesaikan lewat bantuan seorang ekonom Indonesia bernama Sumitro Djojohadikusumo.

Hal itu disampaikan oleh ekonom senior Dr. Rizal Ramli dalam di sela-sela diskusi di daerah Tebet, Jakarta, Jumat (29/3).

"Tahun 1969 Perdana Menteri Malaysia Tun Hussein Onn pernah minta tolong untuk selesaikan kerusuhan sosial lewat affirmative policy, lewat kebijakan yang pro bumiputra. Tun Hussein Onn telepon Pak Harto, dan Pak Mitro yang kemudian ditunjuk Pak Harto dikirim untuk selesaikan masalah itu," terang RR biasa disapa.

Menurut dia, ketimpangan dan kecemburuan sosial yang ada bisa diselesaikan dengan melaksanakan kebijakan berpihak kepada bumiputra (affirmative policy) dengan memberikan kesempatan lebih luas agar mobilitas bumiputra semakin meningkat.

Sambung RR, affirmative policy untuk selesaikan kerusuhan sosial dimulai dari Amerika Serikat untuk memberikan kesempatan dan peluang bagi kelompok minoritas dan perempuan.

"Misal untuk warga kulit hitam dan perempuan dalam bidang pendidikan, ekonomi dan sosial. Kalau affitamative action policy untuk mayoritas dimulai di Malaysia di bawah Tun Hussein Onn sehabis kerusuhan sosial di Malaysia tahun 1969 dengan bantuan Pak Mitro," tambahnya.

Terkait potensi Capres 02 Prabowo Subianto bisa memperbaiki itu mengikuti jejak sang ayah, RR menyatakan belum tahu pasti. Dia meminta tolong kepada rekan-retakan media untuk langsung menanyakan itu ke yang bersangkutan.

"Saya kira saya tidak bisa main tebak-tebakan. Teman-teman media juga bantu tanya dong," tandasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...