logo

26/03/19

Rocky Gerung Ganti Nama Bawaslu Jadi Bawasri

Rocky Gerung Ganti Nama Bawaslu Jadi Bawasri

NUSANEWS - Pengamat Politik, Rocky Gerung mengkritik kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Menurutnya, mereka belum bekerja dengan baik dalam proses penyelenggaraan pemilu.

Rocky menyebut saat ini kedua penyelenggara pemilu itu, terlalu sibuk terlibat dalam persoalan teknis pemilu. Mereka lupa bahwa tanggung jawab penyelenggawa pemilu juga salah satunya harus bisa menghadirkan politik yang etis.

"KPU dan Bawaslu terlalu terlibat dengan soal teknis. Jadi seolah-olah keduanya hanya memperlihatkan pemilu hanya soal teknis padahal pemilu itu soal etis. Padahal pemilu itu soal legitimasi," ujar Rocky di Komplek DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (26/3).

Hal ini pula yang mendasari banyaknya kritik terhadap KPU dan Bawaslu. Seperti persoalan kotak suara dari karton. Menurut Rocky jika dua lembaga ini mampu membangun kepercayaan publik, apapun bahan dasar pembuat kotak suara tidak akan diprotes.

"Tapi hari ini KPU dan Bawaslu terlalu sibuk soal memeriksa jari siapa yang mengangkat. Jadinya Bawasri atau Badan Pengawas Jari kalau gitu," imbuhnya.

Lebih lanjut, terkait kritik permasalahan kisruh DPT, Rocky mengatakan, wajar bila saat ini ada pihak meminta KPU diaudit secara eksternal. Sebab muncul kekhawatiran akan DPT KPU yang bermasalah.

"Nah sekarang kita sedang dalam kecemasan itu. 20 hari lagi kita ini mau terbang tapi orang masih ribut di kursi darurat. Jadi memang ada kedaruratan di negeri ini, karena kekurangan kejujuran," tandasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...