logo

09/03/19

Reaksi Sekjen PDIP Ke Rocky Gerung Terlalu Politis

Reaksi Sekjen PDIP Ke Rocky Gerung Terlalu Politis

NUSANEWS - Pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang meminta filsuf dari Universitas Indonesia (UI) Rocky Gerung untuk menanggalkan status kewarganegaraan terlalu politis.

“Terlalu politis reaksi Hasto. Dan itu tidak mengagetkan, karena memang dia politisi,” ujar analis politik dari Telkom University, Dedi Kurnia Syah kepada Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (9/3).

Dia menilai pernyataan Rocky Gerung yang menyinggung pahlawan nasional, KH Agus Salim harus dilihat substansinya. Jika adil dalam menafsir konteks omongan Rocky, maka tidak ada penghinaan terhadap ketokohan Agus Salim.

Rocky, kata dia,  hanya mengambil ilustrasi jenggot dengan kambing.

“Bukan ketokohan yang ia sandingkan dengan kambing,” tekannya.

Namun demikian, Dedi mengingatkan Rocky untuk tidak menggunakan diksi yang ambigu di ruang publik. Sebab, suhu politik sedang tinggi dan berpotensi ditafsirkan lain.

“Terlebih saat ini kita memasuki suhu politik menghangat, apapun yang mungkin menjadi pemantik isu kontroversial, akan menjadi masalah,” demikian Dedi.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai ceramah Rocky Gerung yang menyinggung KH Agus Salim tidak cukup selesai dengan minta maaf. Rocky, kata Hasto, seharusnya menanggalkan status kewarganegaraan Indonesia, jika tidak mampu menghargai jasa pahlawan.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...