logo

25/03/19

Posisikan Elektabilitas PKS di Bawah PSI, HNW: Vox Populi Hebat Sekali

Posisikan Elektabilitas PKS di Bawah PSI, HNW: Vox Populi Hebat Sekali

NUSANEWS - Hasil survei terbaru Vox Populi Research Center menyatakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terancam gagal masuk parlemen karena elektabilitasnya hanya 3,4 persen. Bahkan angka itu masih di bawah 3,7 persen milik Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Menanggapi itu, Wakil Ketua Dewan Syuro PKS Hidayat Nur Wahid (HNW) mengaku heran dengan survei itu. Apalagi sampai menempatkan PSI sebagai partai baru di atas partainya.

"Oh, hebat. Vox Populi hebat sekali, saya kasih award gitu," ujar HNW di kompleks DPR RI Senayan, Jakarta, Senin (25/3).

Menurut HNW, survei Vox Populi berbeda dengan sejumlah lembaga survei lain. Seperti survei Litbang Kompas periode 22 Februari - 5 Maret, yang menyebut PKS memperoleh 4,5 persen. Sedangkan PSI rata-rata memperoleh elektabilitas nol koma.

Oleh sebab itu, HNW menyakini survei Vox Populi diragukan keakuratannya. Dia percaya pada hitung resmi prediksi ini akan terbukti kesalahannya.

"Kalau Vox Populi menyebut begitu (PKS di bawah PSI), selamat Vox Populi, akan terbukti bahwa survei Anda salah besar," tegasnya.

Sebelumnya, Vox Populi Research Center merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas partai politik di Pemilu 2019. Hasilnya, 10 partai masih terancam gagal lolos ke parlemen.

Di urutan pertama ada PDIP (16,8 persen), disusul Gerindra (15,1 persen). Golkar tergusur ke peringkat ketiga dengan elektabilitas 10,2 persen. Demikian pula dengan Demokrat (5,3 persen) turun ke posisi lima, tersalip oleh PKB (7,1 persen) di atasnya. Selanjutnya ada Nasdem dengan 4,3 persen.

Sejumlah parpol papan tengah bersaing ketat untuk lolos ambang batas parlemen. Seperti PAN (3,9 persen), PSI (3,7 persen), PKS (3,4 persen), dan PPP (2,9 persen). Berikutnya adalah Perindo (1,8 persen), dan Hanura (1,1 persen).

Ada pula 4 partai yang elektabilitasnya masih nol koma. Yakni Berkarya (0,9 persen), PBB (0,6 persen), PKPI (0,3 persen), dan Garuda (0,2 persen).

Diketahui, survei Vox Populi Research Center dilakukan dengan metode kuantitatif. Jumlah responden sebanyak 1.200 orang, dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) mewakili seluruh provinsi. Margin of error 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen. Pengambilan data dilakukan pada 5-15 Maret 2019.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...