logo

01/03/19

PAN Jelaskan Pertanyaan Tasniem Rais soal Lulusan S3-Ulama 'Munafik'

PAN Jelaskan Pertanyaan Tasniem Rais soal Lulusan S3-Ulama 'Munafik'

NUSANEWS - PAN menjelaskan maksud pertanyaan putri Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais, soal banyak orang berpendidikan dan ulama yang menjadi munafik. Siapa sosok yang dimaksud Tasniem?

"Saya melihat pertanyaan Tasniem Rais itu sifatnya umum ya. Bukan menyindir siapa pun. Intinya, mengapa orang yang berilmu tinggi, seperti ulama untuk ilmu agama, bisa juga terkena penyakit nifaq menjadi munafik," kata Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo kepada wartawan, Kamis (28/2/2019).

Dradjad kemudian merujuk pada jawaban Amien ke Tasniem. Amien mengawali jawaban atas pertanyaan putrinya dengan mengutip ayat di Alquran. Dradjad pun menyebutkan tiga ciri orang munafik.

"Pak Amien pun menjawabnya sesuai hadis Rasulullah SAW, yang sangat dikenal di Indonesia. Hadis ini menyebutkan 3 ciri orang munafik. Intinya, jika berkata, bohong; jika berjanji, ingkar; jika diberi amanat, khianat," tuturnya.

Menurut Dradjad, ciri-ciri itu bisa ada di diri siapa pun. Karena itu, lanjut dia, pertanyaan Tasniem merupakan pengingat universal dan tak perlu dikaitkan dengan urusan politik.

"Ketiga ciri itu bisa mengena ke siapa saja, termasuk kita sendiri. Jadi pertanyaan Tasniem itu sebagai pengingat yang universal. Jangan sampai kita mempunyai ciri-ciri itu. Tidak perlu dibumbui penafsiran politis," tegas Dradjad.

Sebelumnya, Tasniem Fauzia Rais bertanya kepada sang ayah--Amien Rais--kenapa banyak orang munafik yang menjelma menjadi orang-orang berpendidikan dan ustaz atau kiai. Pertanyaan ini disampaikan Tasniem dalam kuliah umum Rocky Gerung yang dihadiri Amien Rais di Yogyakarta, Jumat (22/8). Rekaman acara itu diunggah oleh ADITV ke YouTube.

"Saya akan bertanya kepada Pak Amien Rais. Di luar sana banyak sekali orang-orang yang S2, S3, banyak juga yang ustaz, ulama, tapi dengan pendidikan mereka, mereka bisa-bisanya seperti tanda kutip munafik. menjual agama," tanya Tasniem.

"Itu saya nggak habis pikir, tidak bisa lagi dinalar dengan akal sehat. Gimana penjelasan ini?" imbuhnya.

Amien mengawali jawaban atas pertanyaan putrinya dengan mengutip ayat di Alquran. Amien menyebut bahwa orang munafik adalah orang yang tidak pernah beramal dan lupa akan Allah.

"Istilah munafikun tadi memang dari Alquran. Jadi saya harus merujuk kepada Alquran. Alquran mengatakan bahwa sepanjang sejarah selalu ada munafik laki-laki dan perempuan yang jualannya itu adalah 'amal munkar nahi ma'ruf'," tutur Amien.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...