logo

11/03/19

Ma'ruf Amin Berharap Insentif Elektoral dari Menantu Jokowi

Ma'ruf Amin Berharap Insentif Elektoral dari Menantu Jokowi

NUSANEWS - Calon wakil presiden Ma'ruf Amin menyebut bahwa Bobby Nasution, menantu Jokowi, bakal banyak membantu untuk mengerek suara di Sumatera Utara. Bobby yang menikah dengan Kahiyang Ayu, belakangan mulai turun ikut mensosialisaikan Jokowi-Ma'ruf.

Sebagai 'putra Batak', Ma'ruf meyakini, Bobby akan lebih mudah mengenalkan diri termasuk menyampaikan program-program dari pasangan petahana.

"Dia sebagai putra daerah tentu ingin bagaimana mengubah konstelasi 2014," kata Ma'ruf di Kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara, Minggu 10 Maret 2019.

Kehadiran Bobby, kata Ma'ruf, juga berbarengan dengan dia memasuki wilayah yang dulunya dikuasai lawan. Pada Pemilu 2014, sejumlah wilayah Selatan dan Tengah Sumatera Utara menjadi basis suara Prabowo, penantang Jokowi di Pemilu 2014. Meski begitu, dulu Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla menang dengan elektabilitas 55,24 persen.

"Memang tidak mudah. Daerah ini tidak mudah (Tapanuli Tengah dan Selatan). Tapi bukan tidak mungkin," kata dia.

Ma'ruf memaparkan, posisi elektabilitas saat ini sudah menunjukkan tren positif. Di dua wilayah itu, kata dia, terjadi kenaikan elektabilitas hingga dua kali lipat. Bahkan kunjungannya di Sumatera Utara dari kemarin, Mustasyar PBNU itu juga mendapat dukungan dari berbagai level masyarakat.

Hal itu juga dilihat dukungan dari para tokoh masyarakat yang telah menyatakan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau secara nasional Insya Allah bisa. Tapi kita juga ingin Sumatera Utara ini menang. Kalau tidak tokoh-tokoh Sumut akan malu sedikit, walaupun nasionalnya menang," kata dia.

Jangan Pecah

Bobby Nasution ingin agar kontestasi Pemilu tak membuat rasa persaudaraan menjadi renggang. Ketika berkampanye di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara, Bobby meminta kepada para pendukung pasangan petahana termasuk dirinya saling menjaga situasi dan tak mudah terprovokasi.

"Kebetulan (Padang Lawas Utara) kampung ibu saya, di sini keluarga. Seperti dibilang Abah tadi, jangan karena pilpres, keluarga saya yang ada di sini malah terpecah," kata Bobby di acara Tabligh Akbar saat mendampingi Ma'ruf, Minggu 10 Maret 2019.

Ma'ruf yakin, warga Padang Lawas Utara dan sanak keluarganya mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Bahkan kehadirannya sebagai bentuk dukungan riil karena ingin Sumatera Utara termasuk kampung halaman orangtuanya kini mengalihkan suaranya ke petahana.

Sebab pemilu 2014 lalu, wilayah itu dimenangi Prabowo Subianto. "Kalau bisa pilpres ini keluarga saya satu, mendukung Abah ya Bah, Insya Allah," kata Bobby.

Menanggapi Bobby, Ma'ruf pun sempat bercanda. Ia yakin keluarga suami dari Kahiyang Ayu itu akan mendukung Jokowi-Ma'ruf.

Ma'ruf menimpali jawaban Bobby, bahwa suara seluruh warga Padang Lawas Utara sudah solid. Ia melihat antusias para pendukung yang hadir dalam acara Tabligh Akbar bahkan turut mendoakannya agar terpilih menjadi calon wakil presiden.

"Menyatu semua. Keluarga warga Padang Lawas Utara menyatu seluruhnya di nomor satu," kata Ma'ruf sambil terkekeh.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...