logo

24/03/19

Ketum PBNU: Saya Di Belakang Pak Mentan

Ketum PBNU: Saya Di Belakang Pak Mentan

NUSANEWS - Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj menyambut baik semua upaya pemerintah, khususnya Kementerian Pertanian, yang terus membangun generasi muda sebagai bibit unggul di sektor pertanian.

Said Aqil dalam suatu kesempatan menyatakan, dirinya siap membantu Kementan dalam melaksanakan tugas untuk kesejahteraan petani. Dia juga mengungkapkan dukungannya kepada kebijakan pemerintah dalam mengurangi kesenjangan ekonomi dan pemerataan kesejateraan.

"Jika ada kebijakan baru, gebrakan apapun dari Menteri Pertanian saya di belakang Pak Menteri. Untuk kebijakan pro rakyat saya akan dukung sepenuhnya," kata Said Aqil dalam rilisyang diterima redaksi, Minggu (24/3).

Ketua PBNU Bidang Ekonomi Umar Syah HS berharap, semua kerjasama yang telah dilakukan mampu meningkatkan kapasitas produksi petani. Khususnya, kaum NU di seluruh Indonesia.

“Penguatan ekonomi sudah menjadi cita-cita bersama, sebagaimana sudah diputuskan dalam muktamar,” kata Umar Syah.

Menurutnya, salah satu sektor ekonomi yang banyak ditekuni oleh warga NU adalah pertanian. Sementara tantangan bagi pertanian secara umum dan khususnya untuk warga NU adalah pengembangan kapasitas dan pengadopsian teknologi termutakhir dalam sektor pertanian.

Faktor ini bisa ditingkatkan dengan memberikan edukasi yang baik bagi para petani tentang pertanian termutakhir secara berkala melalui pelatihan yang bertujuan melakukan peningkatan kapasitas petani.

Peningkatan kapasitas ini, lanjut Umar, harus mencapai pemberian informasi mengenai industri pertanian dan cara menggunakannya atau ’know how’-nya. 

“Jika peningkatan kapasitas dan mekanisasi dalam sektor pertanian bisa terlaksana, ia yakin lambat laun akan ada peningkatan kualitas pada sektor pertanian warga NU khususnya dan masyarakat umum. Sehingga, bisa berdampak pada peningkatan kualitas hidup Nahdliyin, tambah Umar.

Sebagaimana diketahui, Kementan mendorong kaum santri dan generasi milenial yang berbasis di pondok-pondok pesantren untuk ikut serta dan terlibat aktif pada sektor pertanian.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan melalui kerjasama ini semangat PBNU dan Kementan dalam melaksanakan ketahanan pangan semakin terlihat nyata. Lebih dari itu, Kementan dan NU diharapakan bisa meningkatkan produksi pangan, khususnya jagung. Sehingga tahun ini dan seterusnya mampu mengekspor ke negara lain.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...