logo

28/03/19

Kata Mahfud, Golput Mirip Seperti Orang Menikah

Kata Mahfud, Golput Mirip Seperti Orang Menikah

NUSANEWS - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD turut menanggap fatwa MUI yang mengharamkan golput. Baginya, haram menurut agama, belum tentu menurut hukum.

Mahfud kemudian menganalogikan golput dengan orang yang menikah yang hukumnya bisa berubah-ubah.

“Menikah itu tidak wajib bisa wajib, tapi tidak wajib bisa haram, tapi tidak haram bisa sunnah tapi juga tak sunnah. Golput seperti menikah dalilnya,” kata Mahfud usai seminar nasional bertema ‘Melawan Hoax untuk Menciptakan Pemilu yang Aman, Damai dan Sejuk di Media Sosial’ di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (28/3).

Pada dasarnya, kata Mahfud, setiap manusia boleh melangsungkan pernikahan. Tapi kemudian sejumlah kondisi membuat hukum boleh itu menjadi tidak wajib dan tidak bisa dilarang, namun bisa suatu saat menjadi wajib.

“Misalnya menikah kalau anda sudah mampu tapi tidak menikah. Padahal kalau tidak menikah anda sudah tergoda untuk berzina, maka menikah itu wajib hukumnya. Jadi dari yang boleh menjadi wajib,” jelas Mahfud menguraikan.

Tapi, sambung dia, jika hanya berniat untuk menikahi seseorang guna menyelamatkan kehidupannya lantaran menghindari jangan sampai orang itu dinikahi oleh yang lain, maka hukumnya menjadi haram.

“Sama golput itu tidak haram, tapi kalau dari sudut agamanya dikatakan kalau orang banyak golput, negara kacau balau baru haram golput itu,” pungkas Mahfud.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...