logo

27/03/19

Jokowi Sindir 'Jas Hitam', Dahnil Unggah Foto Soekarno-Hatta Berjas

Jokowi Sindir 'Jas Hitam', Dahnil Unggah Foto Soekarno-Hatta Berjas

NUSANEWS - Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak membalas sindiran capres petahana Jokowi soal 'Jas Hitam'. Dahnil menjelaskan, penggunaan jas hitam sebagai bentuk penghormatan acara kenegaraan, termasuk Pemilu 2019.

"Pemilu adalah acara kenegaraan, menghormati PP Nomor 71 tahun 2018 tentang Tata Pakaian pada Acara Kenegaraan dan Acara Resmi, yang ditandatangani Presiden Jokowi dimana laki-laki diwajibkan menggunakan pakaian sipil nasional, jas hitam dengan kemeja putih di dalamnya. Maka, Pak @prabowo mengenakan jas," ucap Dahnil, Rabu (27/3/2019).

Dahnil mejelaskan soal jas hitam itu di akun media sosial Twitternya. Dahnil mencuit soal jas hitam sebanyak tiga kali. Salah satunya, Dahnil mengunggah foto Soekarno-Hatta mengenakan jas.



Eks Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah itu menerangkan berdasarkan aturan tersebut, maka capres cawapresnya mengenakan jas hitam. Termasuk Presiden RI saat ini dalam foto resminya dan acara kenegaraan juga mengharuskan memakai jas hitam.

"Sesuai PP 71 thn 2018 yang ditandatangani Presiden saat ini, terang dijelaskan bahwa pakaian resmi nasional yang harus dikenakan pada acara resmi kenegaraan adalah jas hitam dengan kemeja putih. Pun, foto resmi Presiden mengenakan Jas lengkap. Apakah Presiden ikut-ikutan Eropa? Mikir..mikir..baca..baca," paparnya.

Pernyataan soal jas hitam itu dilontarkan Jokowi saat kampanye di Dumai, Riau, Selasa (26/3). Awalnya, Jokowi mengajak pendukung mencoblos dirinya dan cawapres KH Ma'ruf Amin, yang mengenakan pakaian putih, dalam foto kertas suara Pilpres 2019. Jokowi menjelaskan alasan mengenakan pakaian berwarna putih tersebut.

"Jangan lupa, saya ingatkan tanggal 17 April itu kita pakai baju putih. Karena yang mau dicoblos nanti bajunya putih, karena kita adalah putih, putih adalah kita," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan alasan mengenakan baju berwarna putih untuk foto di kertas suara Pilpres 2019. "Kenapa pakai baju putih? Karena baju putih ini murah, semua rakyat Indonesia memiliki. Kalau pakai jas, mahal. Ya ndak? Jas itu pakaian orang Eropa, pakaian orang Amerika, orang Indonesia cukup baju murah, pakai baju putih, seperti baju yang saya pakai," ujar Jokowi.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...