logo

09/03/19

Izin Acara Rocky Gerung Dipersulit, Iklim Demokrasi Terganggu

Izin Acara Rocky Gerung Dipersulit, Iklim Demokrasi Terganggu

NUSANEWS - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat belum mengeluarkan izin acara talkshow yang dihadiri Rocky Gerung dan Hasan Haikal di Senggigi, Lombok Barat. Padahal, kegiatan akan dilakukan Sabtu pagi, 9 Maret 2019.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Mataram, Andi Kurniawan, mengkritisi sikap Polda NTB yang terkesan menyulitkan izin kegiatan tersebut. Dia meminta Kapolda NTB Irjen Pol Achmad Juri bertobat karena dapat mengganggu iklim demokrasi.

“Saya minta Kapolda NTB tobat atas nama agama dan demokrasi. Pertama, iklim demokrasi di NTB akan terganggu karena dasar sulitnya izin acara Rocky Gerung dan Haikal Hasan dari Polri, yang menyebabkan anak bangsa jadi terbiasa saling tolak menolak, saling usir,” ujarnya, Jumat, 8 Februari 2019.

Andi menyindir tak ada izin ini bisa menyebabkan masyarakat luar NTB berstigma negatif terhadap NTB. Hal ini bertolakbelakang upaya gencar promosi pasca gempa yang menggoyang NTB.

“Menyebabkan masyarakat luar (NTB) berstigma bahwa NTB sudah tidak ramah lagi pada pengunjung. Padahal NTB sedang gencarnya promosi pariwisata pasca gempa,” katanya.

Kemudian, Andi menekankan pihaknya sebagai organiasi kepemudaan punya kepentingan untuk memastikan demokrasi berjalan baik. Selain itu, mendukung strategi NTB yang aman dan ramah bagi semua orang yang berkunjung.

“Kepolisian juga jangan terbiasa melarang atas nama izin. Secara hukum kegiatan masyarakat itu tidak perlu izin dari polisi, hanya dianjurkan untuk memberitahu institusi Polri demi kepentingan pengamanan. Itu memang tugas Polri berikan pengamanan,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kabid Humas Polda NTB, Ajun Komisaris Besar Polisi Purnama, mengatakan alasan polisi belum memberi izin acara lantaran belum memenuhi syarat. Salah satunya rekomendasi dari kepala desa yang wilayahnya menjadi lokasi talkshow.

"Belum penuhi syarat. Belum ada surat rekomendasi dari Kades dan Hotel Aruna," ujarnya.

Dia mengatakan, polisi akan memberi izin talk show bertema 'eksistensi melahirkan perubahan' itu, setelah syarat penyelenggaraan terpenuhi.

Rencananya, acara talkshow yang dihadiri Rocky Gerung dan Haikal Hasan ini akan digelar di Hotel Aruna Senggigi, Lombok Barat, Sabtu, 9 Maret 2019. Waktu pelaksanaan dilakukan pukul 08.30 WITA.

Talkshow ini diinisiasi Rumah Aspirasi Garuda Emas. Slogan acara ini yaitu No Babe No Oke, No Rocky No Party.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...