logo

11/03/19

IP Sambhar Bukan Di Mabes Polri, Tapi Di Amerika Serikat

IP Sambhar Bukan Di Mabes Polri, Tapi Di Amerika Serikat

NUSANEWS - Internet Protocol (IP) Address APK Sambhar bukan berada di Mabes Polri.

Berdasarkan hasil digital forensik yang dilakukan sebuah lembaga keamanan siber, Communication and Information System Security Research Center (CISSREC), IP Shambar Address ada di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

CEO CISSREC Pratama D Persadha menjelaskan bahwa digital forensik dilakukan pihaknya untuk menelusuri tudingan akun Twitter @Opposite6890.

“Beberapa waktu yang lalu ketika berita ini ramai, CISSREC langsung melakukan uji coba aplikasi Sambhar yang dibilang untuk manajemen kontrol sistem buzzer-nya, hasilnya di situ (Menlo Park), tidak mengarah ke IP address milik Mabes Polri,” kata Pratama kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (11/3).

Dengan demikian, menurut mantan wakil ketua Tim Lemsaneg Pengamanan Pesawat Kepresidenan itu, hampir tidak mungkin Polri melakukan kegiatan-kegiatan yang melanggar hukum seperti yang dituduhkan, yakni melakukan kampanye hitam dan membangun buzzer melalui opini-opini untuk paslon nomor urur 01.

Media sosial Twitter sempat dihebohkan kabar bahwa Mabes Polri menjadi aktor yang mengorganisir ribuan anggota Polri untuk menjadi buzzer politik mendukung capres Jokowi.

Akun Twitter dengan nama @Opposite6890 mengklaim Mabes Polri membentuk buzzer anggota Polri dari tingkat Polres sampai pusat dan semua anggota buzzer terhubung seluruh Indonesia melalui aplikasi bernama Sambhar.

Akun @Opposite6890 mengaku membongkar jaringan 'buzzer coklat' ini setelah melacak paket aplikasi Android (APK) Sambhar.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...