logo

23/03/19

Heboh Turis Bule Banting Petugas di Bromo

Heboh Turis Bule Banting Petugas di Bromo

NUSANEWS - Pasangan turis asing nekat naik ke bibir kawah Gunung Bromo yang tengah menyemburkan abu vulkanik. Dua turis itu bahkan membanting Petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yang menghalangi untuk ke bibir kawah.

Kejadian itu viral di media sosial. Kepala Seksi Wilayah 1 TNBTS, Sarmin membenarkan adanya turis asing yang membandel dan nekat hendak naik ke bibir kawah Gunung Bromo.

Sarmin menyebut, peristiwa itu terjadi Jumat kemarin sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu Turis asal Jerman bersama pasangannya asal Rusia, hendak memasuki zona 1 kilometer dari bibir kawah Bromo.

Keduanya sempat diperingati petugas, namun turis asing asal Jerman membandel, berusaha mendekati kawah. Petugas sudah menghalangi namun turis itu tetap nekat naik. Yang terjadi selanjutnya adalah si turis menghempas dan membanting petugas hingga terjatuh.

"Petugas melarang wisman itu masuk, karena status Bromo saat ini masih erupsi. Jadi petugas mengambil tindakan tegas, untuk menjaga keselamatan mereka" jelas Sarmin, Sabtu (23/03/2019).

Sadar dirinya telah melawan petugas, turis bandel itupun akhirnya meminta maaf. Turis itu diminta untuk minta maaf di hadapan kamera petugas karena telah melanggar zona aman di obyek wisata Gunung Bromo.

Sebelumnya, 2 wisatawan asal Jerman juga nekat mendekati kawah Bromo. Mereka memanfaatkan kelengahan petugas yang berjaga.

Kepala Seksi Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarmin mengatakan, ada dua wisatawan asal Jerman yang menerobos penjagaan. Mereka mencoba mendaki Gunung Batok yang jaraknya begitu dekat dengan Bromo. Atau masuk radius tidak aman.

Petugas yang berjaga kemudian melihat dua turis yang berulah itu. Mereka dihampiri dan diberikan penjelasan agar segera keluar dari radius satu kilometer dari bibir kawah Bromo.

"Kayaknya 2 turis asing asal Jerman melihat petugas lengah dan masuk di daerah zona rawan. Langsung disuruh turun dan keluar dari daerah aman radius 1 kilometer," Kata Sarmin kepada detikcom, Kamis (21/3).

Sementara data terkini, PVMBG per 23 Maret 2019 pukul 12.00 WIB. Tinggi asap dari kawah Gunung Bromo berada angka 300-900 meter.

Asap kawah bertekanan lemah hingga sedang teramati berwarna kelabu, dan hitam dengan intensitas tipis, sedang hingga tebal.

Tremor menerus 0,5 - 12 mm, dominan 2 mm. Untuk status sendiri, Gunung Bromo masih dinyatakan waspada level II, di mana masyarakat aman di luar radius satu kilometer dari bibir kawah.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...