logo

28/03/19

Hasil Polling VII kumparan : Laju Prabowo-Sandi Semakin Kencang

Hasil Polling VII <i>kumparan</i> : Laju Prabowo-Sandi Semakin Kencang

NUSANEWS - Polling kumparan usai debat antara cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin dan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno selesai sudah. Polling ketuju dilakukan pada 19 - 25 Maret 2019.

Polling itu sendiri dilaksanakan usai debat ketiga yang dilaksanakan 17 Maret 2019. Polling ini dilakukan untuk mengukur sentimen pembaca terhadap pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi. Sebelumnya, polling serupa juga telah dilaksanakan.

Jadi, siapa yang menjadi pemenang dalam polling kali ini?

Berdasarkan polling yang dilaksanakan selama satu pekan, kumparan mencatat ada 5.226 suara yang masuk ke sistem. Dengan perincian 1.120 suara untuk pasangan Jokowi-Ma’ruf dan 3.982 suara untuk pasangan Prabowo-Sandi. Sisanya, yakni 124 suara memilih golput.

Cawapres no urut 01, Ma'ruf Amin (kedua kiri) dan Cawapres no urut 02, Sandiaga Uno (kedua kanan) di panggung Debat Ketiga Calon Wakil Presiden (Cawapres) Pemilu 2019 di Hotel Sultan, Minggu, (17/3). Foto: Iqbal Firdaus/kumparan


Suara yang telah masuk itu tidak langsung ditarik mentah-mentah. Sebaliknya, ribuan suara tersebut diproses terlebih dahulu untuk memperkecil bias yang terjadi. Bias itu misalnya seperti bot atau buzzer yang berupaya mengisi polling.

Dengan menyingkirkan bias yang ada, perolehan suara sah dapat dilihat pada tabel berikut:

Perolehan Suara Polling kumparan VII. Foto: Dok. Kumparan

Pergerakan Perolehan Suara Polling

Sebanyak 90% perolehan suara yang masuk berasal dari dua hari pertama polling. Yakni pada 19 - 20 Maret 2019.

Perolehan Suara Sah. Foto: Dok. Kumparan

Hingga akhir polling, paslon Prabowo -Sandi unggul dengan jumlah yang cukup besar terhadap paslon Jokowi-Ma’ruf.

Dari rasio perolehan suara selama satu pekan, paslon Prabowo-Sandi berada di kisaran 60 - 75%. Sedangkan paslon Jokowi-Ma’ruf berada di kisaran 20 - 32% seperti yang terlihat pada gambar berikut

Rasion Perolehan Suara. Foto: Dok. Kumparan

Persebaran Lokasi Perolehan Suara

Dari 1.718 suara sah yang diperoleh, 583 suara atau 33.81% dapat terdeteksi asal daerahnya. Menariknya, tujuh dari 583 suara sah itu bersumber dari luar Indonesia, sehingga tujuh suara tersebut tidak diikutsertakan pada persebaran lokasi ini.

Kumparan hanya memproses 576 suara suara yang berlokasi di Indonesia. Adapun persebaran lokasi perolehan suara dapat dilihat pada tiga gambar berikut ini.

Sebaran Lokasi Pemilih Paslon. Foto: Dok. Kumparan


Persebaran Lokasi Pemilih Paslon Jokowi - Ma’ruf

Sebaran Lokasi Pemilih Paslon Jokowi Ma'ruf. Foto: Dok. Kumparan


Persebaran Lokasi Pemilih Paslon Prabowo - Sandi

Sebaran Lokasi Pemilih Paslon Prabowo - Sandi. Foto: Dok. Kumparan

Dari persebaran lokasi perolehan suara masing-masing paslon, persebaran lokasi keunggulan perolehan suara paslon dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Sebaran Keunggulan Perolehan Suara. Foto: Dok. Kumparan

Penggunaan Metode Matematis

Dalam melaksanakan polling ini, kumparan masih menggunakan metode matematis berupa model statistik Bayes sederhana. Metode ini digunakan untuk memperkirakan proporsi pemilih paslon Prabowo - Sandi dan Jokowi - Ma’ruf.

Penggunaan (weak) prior distribution berdasarkan Pemilu 2014 juga diterapkan pada metode ini, dengan keunggulan Jokowi di 53.15%. Hasil analisis metode matematis ini dapat dilihat pada gambar berikut.

Hasil Akhir Polling. Foto: Dok. Kumparan

Kesimpulan

Satu hal yang paling mencolok pada polling kali ini adalah perolehan suara sah yang lebih besar. Itu artinya, jumlah bot atau buzer lebih minim jika dibandingkan dengan polling sebelumnya.

Meski demikian, perolehan suara masuk yang didapat pada polling sebelumnya lebih besar dari polling kali ini. Jika pada polling sebelumnya suara sah yang didapat sebesar 571 suara, maka pada polling kali ini suara sah yang didapat sebesar 1,718 suara.

Selain itu, polling kali ini menunjukkan bahwa paslon Prabowo-Sandi unggul terhadap paslon Jokowi-Ma’ruf hampir di seluruh lokasi perolehan suara.

Hasil polling yang telah diolah menggunakan metode matematis ini juga menunjukan Prabowo- Sandi unggul jauh dari paslon Jokowi-Ma’ruf. Dengan selisih keunggulan sebesar 9,94%, setelah pada polling sebelumnya sempat selisih tipis di angka 0,22%.

Hasil sentimen pembaca terhadap masing-masing capres - cawapres berdasarkan suara sah dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Persentase Sentimen Pembaca Terhadap Capres - Cawapres Foto: Dok. Kumparan

Sementara itu, selisih keunggulan dari masing-masing polling yang telah dilaksanakan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Perolehan Suara Polling kumparan VII. Foto: Dok. Kumparan

Catatan Akhir

Tersisa dua debat lagi sebelum hari-H pemilu pada 17 April mendatang. Debat berikutnya akan dilaksanakan pada 30 Maret 2019, yang akan mempertemukan Jokowi dan Prabowo. Keduanya akan berdebat dalam tema pemerintahan, hubungan internasional, ideologi, pertahanan, dan keamanan.

Masing-masing paslon masih memiliki cukup waktu untuk meyakinkan rakyat Indonesia dalam memilih calon presiden dan calon wakil presiden. kumparan berharap agar pembaca untuk terus mengikuti polling yang akan kembali dilaksanakan, serta menggunakan hak pilihnya pada pemilu mendatang.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...