logo

30/03/19

Gerakan #Semuajadisaksi Pantau Indikasi Kecurangan

Gerakan #Semuajadisaksi Pantau Indikasi Kecurangan

NUSANEWS - Pemilu dan Pilpres 2019 sudah semakin dekat. Rakyat akan melaksanakan pesta demokrasi dan memilih sosok pemimpin baru Indonesia.

Untuk itu, Relawan Barisan Saksi Umat mengajak seluruh masyarakat turut berpartisipasi dalam gerakan #Semuajadisaksi yang bertujuan menyukseskan jalannya pemilu.

"Kegiatan yang akan kami lakukan adalah berupa pemantauan, pelaporan dari indikasi kecurangan, sesuatu yang tidak wajar, manipulasi hasil pemilihan. Serta peristiwa atau kejadian unik selama proses Pemilu dan Pilpres 2019," jelas Koordinator Relawan Barisan Saksi Umat Nanda Lendi Irawan kepada redaksi, Sabtu (30/3).

Menurutnya, dalam gerakan itu, para relawan bukan merupakan saksi resmi di temoat pemungutan suara (TPS) melainkan yang melakukan jurnalisme masyarakat dengan pemantauan kemudian melaporkan ke jejaring sosial menggunakan tanda pagar #Semuajadisaksi.

"Gerakan ini sebenarnya cukup sederhana untuk dilakukan. Proses pemantauan, pelaporan semua indikasi kecurangan, kejadian tak lazim, kejadian-kejadian unik bisa dilakukan cukup dengan menggunakan handphone saja," papar Nanda.

Dia menambahkan bahwa gerakan #Semuajadisaksi murni terbentuk karena keinginan terciptanya pesta demokrasi yang bersih dari segala bentuk kecurangan dan manipulasi.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...