logo

29/03/19

Data 9 Survei: Prabowo Butuh Keajaiban Tumbangkan Jokowi

Data 9 Survei: Prabowo Butuh Keajaiban Tumbangkan Jokowi

NUSANEWS - Hari pencoblosan Pemilu 2019 kurang dari tiga minggu lagi pada Rabu, 17 April 2019. Dukungan untuk calon presiden penantang, Prabowo Subianto, dan cawapres Sandiaga Uno, mengalir sejak masa kampanye dimulai 7 bulan lalu.

Namun, data survei menunjukkan prediksi hasil Pemilu 2019 tak menggembirakan bagi kandidat nomor urut 02 tersebut. Dari 9 survei yang digelar pada 2019, tidak ada satu pun yang memenangkan Prabowo-Sandi.

Pasangan 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin yang didukung koalisi PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Hanura, PSI, Perindo, dan PKPI, mempertahankan angka elektabilitas di atas 40 persen, tidak turun dari angka ini.

Secara lengkap, media online kumparan merangkum 9 survei nasional di tahun 2019, Jumat (29/3). Hasilnya, perbedaan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf vs Prabowo-Sandi rata-rata 10-20 persen dengan margin of error rata-rata +/- 2,5 persen.

Salah satu survei yang paling banyak dibicarakan, Litbang Kompas, menempatkan Jokowi-Ma'ruf di angka 49,2 persen vs Prabowo-Sandi 37,4 persen. Angka Jokowi di bawah 50 persen dinilai mengkhawatirkan karena dia petahana. Namun, dengan waktu sebulan lagi (saat survei dirilis), diyakini sulit untuk dikejar.

Apalagi angka ekstrapolasinya --yaitu jika diasumsikan suara habis terbagi ke kedua calon--, menunjukkan hasil yang masih ada selisih 13,6 persen. Butuh keajaiban untuk Prabowo-Sandi menumbangkan Jokowi-Ma'ruf.

"Sudah single digit perbedaannya, belum mengungguli. Saya sampaikan agak mirip sama Kompas, tapi kita saat ini ketat, kita harus kerja keras," ucap Sandi, Senin (25/3).

Meski data survei tak ada yang memenangkan Prabowo-Sandi, tapi mereka meyakini data statistik itu tak sepenuhnya bisa dipercaya. Pilgub DKI, Jabar, dan Jateng, diulang-ulang jadi contoh lompatan suara yang sangat jauh dari prediksi seluruh survei.

Bagaimana hasilnya? Tunggu saja.

Infografik Data Survei Pilpres 2019. Foto: Putri Sarah/kumparan

© NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...