logo

22/03/19

Dapat Tiket Pesawat Murah Saat Mudik Pemilu, Begini Strateginya

Dapat Tiket Pesawat Murah Saat Mudik Pemilu, Begini Strateginya

NUSANEWS - Tak terasa sebentar lagi Indoensia bakal melakukan Pemilu. Sebuah hajatan besar 5 tahunan untuk menentukan pemimpin bangsa sekaligus wakil-wakil rakyatnya.  Bagi masyarakat yang merantau atau bekerja tidak di daerah asalmnya tentu harus pulang kampung tanggal 17 April 2019 untuk menentukan hak pilihnya.

Kendati sebenarnya bisa mencoblos di tempat dia tinggal sementara dengan ketentuan khusus,  namun libur pemilu kali ini disertai dengan adanya hari libur nasional di tanggal 19 April 2019. Maka jika bisa cuti maka akan dapat libur satu pekan penuh. Hal ini yang cukup mendorong para perantauan untuk mudik ke kampung halaman.

Tentu saja, bepergian menggunakan pesawat pada waktu menjelang Pemilu dan libur panjang dapat menyebabkan cost tinggi karena faktor permintaan yang cenderung naik. Hal terbaik untuk meminimalisir bujet dalam bepergian jelang Pemilu adalah melakukan perencanaan mudik dari  jauh-jauh hari.  Berikut cara mudah untuk mendpatkan tiket peswat murah:

Perhatikan tujuan mudik Pemilu

Apabila tujuan pulang kampung adalah rute yang banyak dilayani maskapai (terutama maskapai budget rendah), seperti Semarang, Bali, Yogyakarta, dan Surabaya, maka kita harus pintar-pintar membaca harga, karena harganya cenderung fluktuatif. Jadi, jika menemukan satu harga yang dipikir adalah harga termurah yang bisa didapatkan, maka disarankan agar membeli tiketnya saat itu juga.

Tapi jika rute mudiknya tidak dilayani oleh maskapai ber-budget rendah atau bukan rute “ramai” wisatawan, seperti misalnya tujuan Banjarmasin, Belitung, Tanjung Pinang, dan Banda Aceh, maka kapan pun membeli tiketnya, baik dua bulan, satu bulan, atau bahkan satu minggu sebelum keberangkatan, harganya biasanya tidak akan memperlihatkan perbedaan yang signifikan. Mengapa? Karena maskapai yang melayani rute ini menerapkan sistem year-round fare yang artinya harga tiket pesawat akan kurang lebih sama sepanjang tahun, kecuali pada high season, seperti Lebaran dan liburan akhir tahun.

Beli tiket keberangkatan lebih dulu

Jika sulit untuk mendapatkan tiket murah untuk perjalanan pulang-pergi, akan sangat tepat bila kita membeli tiket pesawatnya secara terpisah saja, atau tidak bersamaan. Karena sebenarnya menyesuaikan harga yang murah untuk keberangkatan dan kepulangan sekaligus sering menjadi pekerjaan yang sulit.

Untuk itu, tidak ada salahnya membeli tiket keberangkatan terlebih dahulu, terutama jika telah mendapatkan harga yang murah. Kita bisa membeli tiket kepulangan pada lain waktu saat bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi dengan mencari informasi penawaran yang terbaru. Agar kita mendapatkan tiket murah di luar momen diskon, selalu cari informasi tiket paling akurat dan terkini secara online.

Cek promo tiket setiap waktu

Biasanya penyedia layanan tiket pesawat online sering untuk memberi dan menawarkan tiket murah dengan tak kenal waktu. Bahkan jika kita beruntung dan sedang membuka website tiket online di pertengahan malam atau menjelang pagi seperti jam 1 hingga 2 pagi, tidak menutup kemungkinan akan mendapatkan tiket promo pesawat yang lumayan menghemat budget.

Nah, untuk bisa mengecek tiket online setiap waktu tentu harus memiliki kuota internet yang cukup memadai. Tapi jangan khawatir karena sudah banyak operator yang menjual kuota terjangkau seperti paket internet simpati murah yang bisa menolong kita untuk tetap stand by di depan layar ponsel dengan kuota internet melimpah.

Cari jam penerbangan yang tepat

Untuk mengurangi biaya tiket pesawat, kita sangat disarankan untuk memilih jam penerbangan pada saat jam pertama terbang dan jam terakhir terbang. Penerbangan yang dengan jadwal paling malam atau menjelang subuh, maskapi biasanya menawarkan harga yang lebih terjangkau dibanding waktu pagi hingga sore hari.

Ketahui harga rata-rata yang ditawarkan

Dari hasil observasi dan pembelajaran yang dilakukan, sebenarnya kita akan tahu batas terendah dari harga yang bisa ditawarkan maskapai. Jadi ketika menemukan harga murah, kita bisa tahu apakah kita memang mendapatkan harga termurah, atau jika bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi.

Caranya adalah dengan rajin-rajin melihat harga, baik ketika periode promo, maupun tidak. Cara lainnya adalah dengan berlangganan “Info Harga” tiket pesawat ke destinasi yang kita inginkan via aplikasi Skyscanner.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...