logo

28/03/19

Akui Kedaulatan Israel Atas Golan, Dewan Keamanan PBB Kecam AS

Akui Kedaulatan Israel Atas Golan, Dewan Keamanan PBB Kecam AS

NUSANEWS - Amerika Serikat mendapat kecaman tajam dari 14 negara Dewan Keamanan PBB lainnya atas keputusannya untuk mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang melanggar hukum internasional.

Dewan Keamanan bertemu pada hari Rabu (27/3) atas permintaan Suriah yang menilai bahwa langkah Amerika Serikat itu merupakan pelanggaran terang-terangan atas resolusi PBB.

Pembicara demi pembicara pada sesi dewan mendukung kedaulatan Suriah atas Dataran Tinggi Golan dan menentang pencaplokan Israel setelah proklamasi Trump.

"Tindakan sepihak ini tidak membantu apa pun dalam menemukan solusi damai jangka panjang untuk konflik di Timur Tengah," kata Duta Besar Afrika Selatan untuk PBB Jerry Matjila.

Sekutu terdekat Suriah, Rusia, mendesak pemerintah untuk terus memandang Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah yang diduduki Israel.

"Jika ada yang merasa tergoda untuk mengikuti contoh buruk ini, kami akan mendesak mereka untuk menahan diri dari revisi agresif hukum internasional ini," kata Wakil Duta Besar Rusia Vladimir Safronkov, seperti dimuat Al Jazeera.

Tiga resolusi Dewan Keamanan menyerukan Israel untuk mundur dari Dataran Tinggi Golan, yang direbutnya dari Suriah dalam Perang Enam Hari 1967 dan dianeksasi. Langkah itu tidak diakui secara internasional.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...