logo

06/02/19

Terima Saja Bila Jokowi Dicatat Sejarah Sebagai Presiden "Jancuk"

Terima Saja Bila Jokowi Dicatat Sejarah Sebagai Presiden "Jancuk"

NUSANEWS - Ungkapan "Cak Jancuk" yang disematkan kepada Presiden Joko Widodo yang juga Capres 01 itu merupakan peyoratif pada masyarakat Jawa Timur. Dimana julukan itu awalnya menghina, tapi lama-kelamaan justru mendekatkan dan menghilangkan jarak.

"Jika Presiden kita, atau tepatnya Capres kita, 01, berkenan dengan julukan itu tak ada orang yang bisa melarang. Mungkin dengan begitu terbangun keakraban dalam penggunaan istilah semacam itu," kata pengamat politik Shohibul Anshor kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (5/2) malam.

Shohibul mencontohkan, pada masyarakat di wilayah Tanjung Balai, Sumatera Utara, ada istilah-istilah sedikit kasar di antara sesama teman akrab. Istilah tersebut tidak menyinggung, justru mempererat hubungan dan kedekatan.

"Saya kira, logika dari julukan itu ialah penciptaan chemistry hingga capres 01 seolah tak berjarak secara psikologis dengan pemilih di Jawa Timur," kata Shohibul.

Namun begitu, Shohibul mengajak warga Indonesia untuk memahami kenyataan bahwa Jokowi adalah satu-satunya presiden di Indonesia yang menerima julukan yang kasar.

"Tetapi lapang dadalah kita jika sejarah mencatat satu-satunya Presiden RI yang dijuluki dengan istilah itu ialah Joko Widodo," demikian Shohibul.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN Untuk Like dan Follow sosial media dibawah ini agar bisa mengetahui berita terbaru Nusanews.

Komentar Pembaca

loading...