logo

15/02/19

Muchdi PR Bakal Minta Jokowi Kembali Ke UUD 1945

Muchdi PR Bakal Minta Jokowi Kembali Ke UUD 1945

NUSANEWS - Wakil Ketua Umum Partai Berkarya, Mayjen (Purn) Muchdi PR berencana akan menemui Presiden Joko Widodo. Dia ingin meminta capres petahana itu untuk mempertimbangkan usulan kembali ke UUD 1945 asli.

Baginya, amandemen UUD yang telah berkali-kali terbukti gagal memecahkan bangsa ini. Sementara rumusan UUD 1945 yang dilakukan pendiri bangsa sudah sangan arif dan bijaksana, serta bisa menjadi solusi bangsa.

“Ya saya akan sampaikan ke Pak Jokowi. Saya kira itu, saya setuju untuk kembali ke UUD 45,” katanya kepada Kantor Berita Politik RMOL saat ditemui di Kantor Kotak Hijau, Kebayoran Baru, Jakarta, Rabu (13/2).

Mantan Danjen Kopassus ini kemudian mencontohkan kegagalan Badan Konstituante dalam membentuk UUD baru di tahun 1955. Hingga pada akhirnya, melalui Dekrit Presiden 5 Juli 1959, Presiden Soekarno membubarkan badan tersebut dan menegaskan untuk kembali ke UUD 1945 asli.

“Saya kira begini, tadi saya contohkan 1955 itu pemilu, kemudian kan ingin membikin UUD. Tapi selama 4 tahun kan nggak jadi-jadi, akhirnya Bung Karno usulkan kembali saja ke UUD 45,” bebernya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...