logo

21/02/19

Luhut Ngaku Punya Banyak Tanah, Main Tambang dan Kayu

Luhut Ngaku Punya Banyak Tanah, Main Tambang dan Kayu

NUSANEWS - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan tak mengelak jika dirinya juga menguasai banyak tanah, seperti Prabowo. Lahan itu diketahui berada di sektor pertambangan dan perkebunan.

Namun, Luhut menegaskan, lahan tersebut diperolehnya saat masih menjadi pengusaha. "Soal kepemilikan lahan saya, betul punya perusahaan tambang. Semua yang saya dapat sebelum jadi menteri, selama saya jadi menteri tidak ada bisnis lagi," ujar mantan Komandan Group 3 Sandhi Yudha Kopassus di Jakarta, Rabu (20/9).

Luhut juga menegaskan, saat ini dirinya fokus bekerja di pemerintahan. Persoalan lahan, diakuinya tidak ada lagi keterlibatan dirinya dalam bisnis apapun.

"Saya melihat Presiden (Jokowi) tidak ada berbisnis. Dia memberi contoh yang bagus, ya saya nggak berani juga," tegasnya.

Pernyataan ini sekaligus membantah soal isu yang mengatakan dirinya memanfaatkan posisi menteri untuk kepentingan pribadi. Luhut pun meminta agar kepada seluruh calon pemimpin maupun pemimpin-pemimpin di Indonesia untuk tidak berbicara bohong kepada masyarakat.

"Kalau mau bangun negara bagus ya kita harus jujur, kalau iya katakan iya, kalau tidak ya tidak," tandasnya.

Seperti diketahui, Luhut menggeluti usaha bidang pertambangan dan perkebunan melalui grup usaha PT Toba Sejahtra. Korporasi tersebut menaungi sejumlah anak usaha yang bergerak di bidang energi, kelistrikan pertambangan, properti, industri, minyak dan gas, serta perkebunan sawit dan hutan tanaman industri.

Luhut memiliki kepemilikan saham mencapai 99,9 persen di perusahaan yang terbentuk pada 2004 tersebut. Namun Luhut melepas 90 persen kepemilikan sahamnya pada Oktober 2017, hingga akhirnya hanya tersisa 9,9 persen.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...