logo

19/02/19

Irwandi Yusuf Sebut Jokowi Pernah Jadi Anak Buah Prabowo di Aceh

Irwandi Yusuf Sebut Jokowi Pernah Jadi Anak Buah Prabowo di Aceh

NUSANEWS - Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf menyatakan, calon presiden (Capres) petahana Joko Widodo pernah menjadi anak buah Capres 02 Prabowo Subianto di Aceh. Dia menyebut, Jokowi bekerja di perkebunan pinus milik Ketua Umum Partai Gerindra itu.

"Pak Jokowi lebih tahu. sebab pak Jokowi kerja di sana juga dulu, dia kerja di PT Alas Helau. Pokoknya di sana tiga tahun dia dengan pak Prabowo," kata Irwandi di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jakarta Pusat, Senin (18/2).

Irwandi menuturkan, PT Alas Helau milik Prabowo tersebut merupakan hutan pinus industri. Hutan tersebut diperuntukan untuk bahan pembuat kertas.

"Bidang pinus hutan industri, pinusnya dipakai untuk bahan di Krueng Geukeuh, ada pabrik kertas di sana," ucapnya.

Mantan petinggi Gerakan Rakyat Aceh Merdeka (GAM) ini menyebut luas tanah yang dimiliki Prabowo ribuan hektare. Namun, kata Irwandi, perusahaan tersebut mengalami masalah karena tidak lagi ditanami setelah pohon pinus ditebangi.

"Udah bermasalah, pabriknya bermasalah, hutannya bermasalah. Kok banyak ditebang tapi yang lama-lama di tebang kok masih botak, enggak ditanam lagi," jelasnya.

Untuk diketahui, Irwandi Yusuf yang terjerat dalam kasus suap dan gratifikasi senilai Rp 42,22 miliar merupakan Ketua Umum Partai Nangroe Aceh (PNA). Partai tersebut mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019.

Sebelumnya, dalam debat kedua Capres 01 Jokowi menyinggung kepemilikan tanah Prabowo di Kalimantan dan Aceh. Pernyataan ini dikeluarkan karena Jokowi disinggung soal pembagian sertifikat secara gratis, kebijakan itu dinilai Prabowo berdampak pada tiadanya lahan bagi anak-cucu kelak.

"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur sebesar 220 ribu hektare, juga di Aceh Tengah 120 ribu hektare. Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," ucap Jokowi, Minggu (17/2) malam.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...