logo

18/02/19

Cara Pengundian Pertanyaan Debat Dibahas di Medsos, Ini Kata KPU

Cara Pengundian Pertanyaan Debat Dibahas di Medsos, Ini Kata KPU

NUSANEWS - Cara pengundian pertanyaan dalam debat capres kedua Pilpres 2019 dibahas di media sosial. Seorang netizen di Twitter meminta KPU menjelaskan, mengapa masing-masing capres, baik Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto diminta mengambil tabung pertanyaan di dua fish bowl berbeda.

Adalah akun Twitter @NurlelySiregar yang meminta KPU menjelaskan hal tersebut. Dalam Twitter-nya, akun tersebut juga mengunggah gambar berisi tudingan kecurangan dalam debat capres kedua.

"Terjadi 'kecurangan', kalau Anda lihat di TV tadi, ternyata pertanyaan itu hanya satu tema yang diambil dalam satu bola. Tetapi pertanyaan yang lain dimasukkan dalam bola yang beda. Padahal dalam rapat-rapat di KPU tidak dibicarakan bahwa soal diambil dalam bola yang berbeda," demikian isi tulisan dalam gambar yang diunggah @NurlelySiregar, Senin (18/2/2019).

Saat pengundian pertanyaan tentang infrastruktur Jokowi dan Prabowo memang mengambil tabung pertanyaan dalam fish bowl yang sama. Sedangkan saat mengambil tabung pertanyaan dengan tema energi dan pangan keduanya mengambil tabung pertanyaan di dua fish bowl yang berbeda.

KPU menjelaskan aturan tersebut diberlakukan agar masing-masing capres mendapatkan pertanyaan, baik tentang energi, pangan, SDA maupun lingkungan hidup.

"Sekarang segmen kedua. Di segmen kedua, sesi kedua temanya ada dua tema, energi dan pangan. Kalau dua pertanyaan saya masukan jadi satu, fish bowl-nya satu, kalau dua-duanya ngambil pangan semua, energi siapa yang membahas, nggak ada kan. Itulah mengapa dibikin dua (fish bowl), supaya energi bisa dibahas, pangan bisa dibahas," kata Ketu KPU Arief Budiman saat dimintai konfirmasi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/7/2019), seperti dilansir detikcom.

Begitu pula saat mengambil tabung pertanyaan tentang sumber saya alam (SDA) dan lingkungan hidup. Saat pengundian tema SDA dan lingkungan hidup, Jokowi dan Prabowo juga mengambil tabung pertanyaan di dua fish bowl yang berbeda.

"Sekarang segmen ketiga, SDA dan lingkungan hidup. Kalau pertanyaannya dimasukkan semua dalam satu fish bowl sangat mungkin semua ketika sebelah kanan suru ngambil, ambil lingkungan hidup, sebelah kiri ngambil lingkungan hudup. Terus SDA dibahas oleh siapa? Makanya dibikin dua fish bowl," jelas Arief.

Arief menyebut, Jokowi sebetulnya diizinkan untuk mengambil tabung pertanyaan di fish bowl yang berdekatan dengan Prabowo, begitu pula sebaliknya. Namun saat debat masing-masing capres selalu mengambil pertanyaan di fish bowl yang ada di dekat mereka.

"Pada kesempatan ngambil pertama, sebelah kanan dikasih kesempatan ngambil dulu, silahkan mau ngambil sebelah sini (kiri) boleh sebelah sini (kanan) boleh. Tapi dua kali kesempatan yang diberikan masing-masing selalu mengambil di sebelahnya, tidak pernah mengambil yang jauh," terangArief.




SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...