logo

04/01/19

Soal Ma'ruf Amin Bobotoh, Gerindra: Ketua Viking Caleg Nasdem

Soal Ma'ruf Amin Bobotoh, Gerindra: Ketua Viking Caleg Nasdem

NUSANEWS - Anggota Badan Komunikasi Partai Gerindra, Andre Rosiade mengatakan sejumlah orang yang mengatasnamakan viking dan bobotoh, suporter Persib Bandung mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden, Joko Widodo-Ma'ruf Amin tak terlepas dari posisi Ketua Umum Viking Heru Joko.

Andre menyebut Heru Joko yang disebut memerintahkan sejumlah bobotoh dan viking bertandang ke rumah Ma'ruf Amin adalah salah satu calon anggota legislatif dari Partai Nasdem.

"Kan kami tahu Ketua Viking Heru Joko itu caleg NasDem. Tapi yang pasti banyak bobotoh Persib itu pendukung Pak Prabowo dan Bang Sandi," kata Andre kepada CNNIndonesia.com, Kamis (3/1).

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi itu mengatakan klaim Ma'ruf soal dukungan seluruh bobotoh kepada Jokowi-Ma'ruf tak masuk akal. Menurut Andre, klaim ini juga tak terlepas dari kepentingan suara di Pilpres 2019.

Andre menyatakan dari hasil survei internal pihaknya, Prabowo-Sandi masih unggul dari Jokowi-Ma'ruf di Jawa Barat, termasuk Kota Bandung. Namun, Andre tak merinci persentase keunggulan Prabowo-Sandi dari pasangan petahana tersebut.

"Jawa Barat apalagi Kota Bandung pak Prabowo dan Bang Sandi masih unggul di survei," kata dia.

Lebih lanjut, kata Andre klaim Ma'ruf tersebut merupakan salah satu usaha mendongkrak elektabilitas pasangan nomor 01 di Jawa Barat. Andre mengatakan bahwa Jokowi dan Ma'ruf bukanlah pecinta sepak bola.

"Sejak kapan Kiai Ma'ruf suka bola. Pak Jokowi saja baru jadi presiden ngaku-ngaku hobi bola. Ngaku tahu sepak bola kan gara-gara urusan Pilpres saja. Kita tahu rekam jejak Jokowi. Saya juga belum pernah melihat Kiai Ma'ruf ke stadion nonton bola," ujarnya.

Dalam penelusuran di website KPU, Heru Joko terdaftar sebagai caleg NasDem untuk DPRD Kota Bandung dengan nomor urut 4. Dalam daftar itu dia bernama lengkap Herru Joko dengan daerah pemilihan Kota Bandung 6.

Sebelumnya, Ma'ruf mengklaim sebagai pendukung klub sepak bola Persib Bandung usai menerima kunjungan pendukung Persib, Bobotoh, di kediamannya, Menteng, Jakarta, pada Rabu (2/1).

Sejumlah bobotoh yang datang itu menyampaikan dukungan pada Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019. Salah satu Bobotoh juga memberikan sebuah syal bertuliskan 'Bobotoh Jokowi' pada Ma'ruf.

Namun, Viking Persib Bandung [VPC] menegaskan tidak berpihak terhadap salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pilpres April 2019.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...