logo

18/01/19

Soal Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia, BPN: Prabowo Membandingkan Penduduknya

Soal Jawa Tengah Lebih Besar dari Malaysia, BPN: Prabowo Membandingkan Penduduknya

NUSANEWS - Dahnil Anzar Simanjuntak , Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, meluruskan pernyataan Capres 02 Prabowo Subianto soal Provinsi Jawa Tengah yang lebih besar dari Negara Malaysia.

Prabowo, kata Dahnil Anzar Simanjuntak bukan membandingkan apple to apple, melainkan hanya perumpamaan lewat majas hiperbola yang biasa ia gunakan di beberapa kesempatan.

"Maksudnya Pak Prabowo adalah ingin membandingkan penduduk dan kapasitas, tidak membandingkan apple to apple, ini hiperbola saja, majas. Majas Pak Prabowo suka menggunakan majas-majas. Saya pikir itu salah satu majas," terang Dahnil di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1/2019) malam.

Seperti diberitakan sebelumnya, capres 02 Prabowo Subianto menyinggung kesejahteraan gubernur di Indonesia tidak sebanding dengan luas wilayah yang ditanganinya.

Dalam pernyataannya, Prabowo juga menyebutkan bahwa luas wilayah Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia. Padahal, gaji yang didapat terbilang kecil.

"Sebagai contoh, bagaimana bisa seorang gubernur gajinya hanya Rp 8 juta? Kemudian dia mengelola provinsi umpamanya Jawa Tengah yang lebih besar dari Malaysia dengan APBD yang begitu besar," kata Prabowo dalam debat perdana pilpres 2019.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), luas wilayah Jawa Tengah pada tahun 2017 adalah 32.544,12 km persegi.

Sementara, dilansir dari Britanica, Malaysia terdiri dari dua wilayah, yaitu Semenanjung Malaysia atau Malaysia Barat dan Malaysia Timur, yang berada di Pulau Kalimantan.

Luas Malaysia seluruhnya adalah 330.323 km persegi.

Namun, jika berdasarkan jumlah penduduk, populasi provinsi Jawa Tengah memang lebih banyak dari penduduk keseluruhan warga Malaysia.

Menurut data BPS tahun 2017, jumlah penduduk Jawa Tengah adalah 33.522.663 jiwa.

Sedangkan, jumlah penduduk Malaysia berdasarkan Penerbitan Anggaran Penduduk Semasa Malaysia 2018 adalah 32,4 juta orang.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...