logo

08/01/19

SBY Turun Gunung, BPN Yakin Prabowo Bakal Salip Jokowi

SBY Turun Gunung, BPN Yakin Prabowo Bakal Salip Jokowi

NUSANEWS - Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade mengklaim ada tren positif kenaikan elektabilitas pasangan nomor urut 02 dalam beberapa waktu terakhir berdasarkan hasil survei internal.

Andre bahkan menyebut elektabilitas Prabowo bisa menyalip petahana Joko Widodo-Ma'ruf Amin beberapa waktu ke depan setelah Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono ikut berkampanye.

"Harapan kita dengan insyaallah SBY mulai turun gunung insyaallah Pak Prabowo sudah menyalip Pak Jokowi," kata Andre saat ditemui di Kantor Bawaslu, Jakarta, Selasa (8/1).

Andre mengklaim pada survei internal BPN bulan Desember 2018, elektabilitas Prabowo-Sandi menembus angka 40 persen. Sementara elektabililitas Jokowi-Ma'ruf merosot dan tak lagi ada di kisaran 50 persen.

Meski begitu Andre mengatakan belum bisa merilis hasil survei secara detail karena ada aturan di BPN. Dia hanya menjelaskan perubahan elektabilitas terjadi karena kegagalan petahana menjaga pertumbuhan ekonomi.

"Pak Jokowi dianggap gagal memenuhi harapan masyarakat memberikan ekspektasi pertumbuhan ekonomi mulai turn dari 54-53 persen menjadi 40 persen something-lah," ucapnya.

Dalam berbagai survei, pasangan Jokowi-Ma'ruf masih unggul jauh dari Prabowo-Sandi. Seperti survei LSI Denny JA yang dirilis pada Desember 2018.

Jokowi-Ma'ruf memiliki elektabilitas sebesar 54,2 persen suara, unggul dari Prabowo-Sandiaga yang mendapat 30,6 persen suara.

Survei itu digelar 5-12 Desember dengan sampel 1.200 responden dan metode multistage random sampling. Wawancara terhadap responden dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error sebesar plus minus 2,8 persen.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...