logo

20/01/19

Sah, KPU Tak Lagi Beri Kisi-isi pada Debat Pilpres Kedua

Sah, KPU Tak Lagi Beri Kisi-isi pada Debat Pilpres Kedua

NUSANEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan tidak lagi memberikan kisi-kisi pertanyaan kepada kedua kandidat capres-cawapres pada pelaksanaan debat pilpres kedua 17 Februari mendatang di Hotel Sultan.

Menurut Komisioner KPU RI, Wahyu Setiawan, kebijakan ini diambil sebagai bentuk evaluasi KPU terhadap pelaksanaan debat perdana Kamis 17 Januari lalu, yang dinilai tidak memuaskan publik.

"KPU berupaya mengartikulasikan harapan publik, sehingga untuk debat berikutnya abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada kandidat," kata dia seperti dikutip Antara di Jakarta, Sabtu (19/1/2019).

Dengan begitu, lanjut Wahyu, diharapkan pelaksanaan debat pilpres dapat berjalan lebih baik dari debat perdana.

"Debat pertama tampaknya belum sepenuhnya memenuhi harapan publik. Sebagai pelayan publik dalam bidang kepemiluan, KPU terbuka terhadap kritik dan saran," jelasnya.

Sebelumnya, kebijakan KPU yang telah memberikan bocoran kisi-kisi pertanyaan debat kepada tim sukses kandidat mendapat penolakan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan sejumlah kelompok masyarakat.

JK  mengatakan pemberian kisi-kisi pertanyaan tidak layak dilakukan pada debat capres-cawapres, melainkan lebih menyerupai bimbingan belajar bagi pelajar yang akan mengikuti ujian.

Untuk itu, JK menyarankan KPU tidak lagi memberikan bocoran soal kepada tim sukses masing-masing pasangan capres-cawapres, di sisa debat Pilpres 2019.

Perlu diketahui, debat pilpres kedua yang akan diikuti kedua capres, Joko Widodo dan Prabowo mengusung tema energi, pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...