logo

25/01/19

Pernah Kunjungi Afghanistan, Jokowi Khawatir Indonesia Porak-poranda

Pernah Kunjungi Afghanistan, Jokowi Khawatir Indonesia Porak-poranda

NUSANEWS - Indonesia berpotensi menjadi negara yang porak-poranda seperti Afghanistan jika rakyatnya tak menjaga dan merawat persaudaraan, kerukunan, serta persatuan bangsa ini.

Begitu diingatkan Presiden Jokowi di sela-sela acara pembagian sertifikat tanah di Bandar Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (25/1).

Jokowi mengatakan, isu-isu tidak benar alias hoax mampu memecah belah bangsa hanya karena pemilihan bupati/walikota, gubernur, bahkan presiden.

"Padahal itu (Pemilu) adalah pesta demokrasi yang setiap lima tahun itu ada terus," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun menceritakan pengalaman dia saat berkunjung ke Afghanistan setahun silam. Di sana, ia melihat hampir setiap sudut kota Kabul, ibukota Afghanistan porak-poranda akibat perang saudara.

"Kotanya porak-poranda, hampir setiap hari ada bom," tutur Jokowi.

Padahal, 40 tahun yang lalu, negara itu hidup dengan aman dan makmur.

"Apa yang bisa kita petik dari sini, perang itu menyengsarakan, konflik itu adanya hanya menyengsarakan dan penderitaan," tegasnya.

Bandingkan dengan Afghanistan yang hanya dihuni oleh tujuh suku besar, lanjut Jokowi, Indonesia justru terdiri dari beragam suku dan etnis. Ada sekitar 715 suku dan 260 juta penduduk mendiami 17 ribu pulau di negeri ini.

"Ini sudah menjadi sunatullah. Ini menjadi hukum Allah bahwa kita bangsa Indonesia diberi perbedaan itu. Oleh sebab itu saya titip pada kesempatan yang baik ini, marilah kita menjaga, merawat, persaudaraan kita, kerukunan kita, persatuan kita, jangan sampai gara-gara hal-hal politik kita menjadi tidak rukun," pungkasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...