logo

22/01/19

Percaya Median, Fadli Zon Sebut Lembaga Survei Lain Tak Jelas Donaturnya

Percaya Median, Fadli Zon Sebut Lembaga Survei Lain Tak Jelas Donaturnya

NUSANEWS - Survei Median menyebut selisih elektabilitas pasangan Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi hanya 9 persen. Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi tak mempercayai hasil tersebut.

Anggota Dewan Pengarah BPN, Fadli Zon, mengatakan Median adalah lembaga survei yang independen, berbeda dengan lembaga lain yang menurutnya tidak transparan dalam pendanaan.

"Ini salah satu survei yang menurut saya lebih independen karena tidak terafiliasi dengan kedua kandidat yang saya tahu. Sementara survei-survei lain kan tidak jelas, tidak menyampaikan siapa yang membiayai," ujar Fadli di Gedung DPR, Jakarta Selatan, Selasa (22/1).

Wakil ketua umum Gerindra itu mengklaim hasil survei Median mirip dengan survei internal mereka. Menurutnya, dalam survei internal BPN elektabilitas Prabowo terpaut hanya 4-6 persen dengan Jokowi. Sementara, survei Median menunjukkan keduanya terpaut 9,2 persen.

"Saya kira survei Median relatif lebih mendekati walaupun dalam survei kami jaraknya makin tipis," kata Fadli.

Fadli makin optimis pasangan nomor urut 2 bisa melampaui petahana. Sebab tren elektabilitas Prabowo bisa mendekati Jokowi menjelang pencoblosan 17 April nanti. Dia percaya hal itu disebabkan pergerakan cawapres Sandiaga Uno ke daerah, maupun kerja para caleg dan timses.

"Jadi menurut saya inilah percepatan kenaikan Prabowo jauh lebih tinggi. Malah yang Prabowo naik, yang ini (Jokowi) stagnan ya malah turun gitu ya. Dalam survei kami juga turun lebih stagnasi," kata dia. [lia]

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...