logo

25/01/19

Penyuplai Amunis untuk KKB Papua Dihukum 25 Tahun

Penyuplai Amunis untuk KKB Papua Dihukum 25 Tahun

NUSANEWS - Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura menjatuhkan vonis terhadap tiga orang yang penyuplai amunisi untuk kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua, Kamis (24/1/2019).

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengatakan, ketiga terdakwa itu berinisial WH, EW, dan RH. Mereka diberikan hukuman masing-masing 2 tahun 6 bulan penjara.

“Vonis dijatuhkan usai tiga terdakwa terbukti melakukan beberapa tindak pidana berupa transaksi dan menyuplai amunisi bagi kelompok KKB di wilayah Pegunungan Tengah Papua,” kata Dedi, Jumat (25/1/2019).

Jenderal bintang satu ini menuturkan, masing-masng terdakwa memiliki peran vital bagi kelompok KKB.

Untuk WH mempunyai sejumlah amunisi senjata serta mempunyai beberapa senjata yang diduga hasil rampasan dari aparat keamanan di wilayah Pegunungan Tengah Papua. WH sendiri berdomisili di Kabupaten Jayawijaya.

Sementara itu, untuk EW berperan sebagai penyuplai amunisi yang berkapasitas cukup besar. EW diketahui mendapatkan amunisi dari WH, dengan cara transaksi tukar menukar amunisi dengan sembako.

“EW juga bertransaksi amunisi langsung dengan KKB di Kabupaten Lanny Jaya,” imbuh Dedi.

Kemudian untuk RH berperan sebagai perantara bagi WH dan EW untuk melaksanakan transaksi amunisi. Namun, RH juga mempunyai peran dalam membantu penyuplaian amunisi bagi kelompok KKB di Lanny Jaya.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah ini menambahkan, vonis yang dijatuhkan terhadap para terdakwa itu juga memiliki tujuan lain.

“Vonis itu untuk mempersempit ruang gerak dari kelompok KKB yang sering membuat ulah dan menggangu perkembangan pembangunan infrastruktur di wilayah pegunungan Papua,” tandas Dedi.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...