logo

04/01/19

Pasang APK Sembarangan, Begini Cara Bawaslu Tangsel buat Jera 683 Caleg

Pasang APK Sembarangan, Begini Cara Bawaslu Tangsel buat Jera 683 Caleg

NUSANEWS - Bawaslu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan membuat  jerah kepada  para calon anggota legislatif (caleg) DPRD sebanyak 683. Jika masih masangan APK di tempat terlarang seperti di pohon, tiang listrik, dan jalanan protokol.

Anggota Komisioner Bawaslu Tangsel  Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Slamet Santosa mengatakan, efek jera yang Bawaslu Tangsel terapkan adalah pembatalan rekomendasi menjadi legislatif setelah pemilihan selesai.

Slamet menjelaskan, efek jera dilihat dari dana kampanye yang diserahkan oleh KPU dan Bawaslu. Jika tidak sesuai dengan jumlah dana yang diserahkan dengan pengeluaran kampanye maka pihak caleg tidak transparan melaporkan dana tersebut.

“Sekarang ini kami sedang inventarisir APK yang telah kami tertibkan bersama Satpol PP Tangsel,” kata Slamet, kepada Pojoksatu.id, Jumat (4/1/2019).

“Laporan dana kampanye dan pegeluatan tidak sesuai, kita akan incar. Setelah pemilihan, kami akan rekomendasi pembatalan jadi legislatif jika terpilih,  itu tidak transparanan terhadap proses kampanye,”

Bawaslu Tangsel  mencatat ada 1050 APK yang ditertibkan selama ini bersama Satpol PP.

APK yang dipasang ditertibkan itu paling banyak dipasang di pohon dengan cara dipaku dan di tiang listrik. Hal itu dikatakan,

“APK Caleg yang kami tertibkan di pohon, tiang listrik dan jalanan protokol pemerintah Tangsel,” kata Slamet.

Pelangaran pemasangan APK oleh para caleg Bawaslu Tangsel sudah memberikan surat himbauan kepada para partai politik. Tapi masih saja ditemukan pelangaran APK yang dipasang.

Lebih lanjut, Bawaslu terus tetap menertibkan APK yang melanggar aturan sesuai pemilu dengan berkoordinasi ke Satpol PP. Karena untuk penertiban pencopotan APK adalah penegak peraturan daerah.

“Yang kita lihat yang pasang APK tim suksesnya, jadi yang bandel itu tim suksesnya pasang APK sembarang tempat. Bahkan calegnya tidak tahu kalau APK dipasang di tempat yang dilarang,” ungkapnya.

Ia berharap, perlu adanya kesadaran bagi para calon anggota caleg) terutama bagi para tim suksesnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...