logo

18/01/19

Mengapa Naskah Asli UUD 1945 Tidak Masuk Debat Capres?

Mengapa Naskah Asli UUD 1945 Tidak Masuk Debat Capres?

NUSANEWS - Sudah empat kali perubahan (amandemen) UUD 1945 dilakukan MPR dalam kurun waktu 1999-2002.

Ini sebetulnya akar masalah yang sama sekali tidak disinggung dalam debat perdana Pilpres 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

"Amandemen UUD itu akar atau sumber permasalahan di bangsa kita. Sudah seharusnya para capres berpikir untuk kembali ke UUD 45 naskah asli sebagai upaya penyelamatan kehidupan bangsa dan negara," ujar Ketua Umum Lembaga Independen Pengawas Negara Indonesia (LIPNI), Doli Yatim kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis malam (17/1).

Doli menyayangkan permasalahan yang substansial itu sama sekali tak masuk dalam materi debat perdana tadi malam.

Padahal dengan kembali ke naskah asli UUD 45, Doli yakin Pancasila sebagai sumber dari segala sumber akan tegak di bumi pertiwi ini.
“Berbeda dengan kondisi sekarang di mana kehidupan kita sudah mengarah kepada kapitalistik, liberalis tol bahkan komunis,” tuturnya.

Sementara terorisme, korupsi, pelanggaran HAM dan lainnya hanya masalah turunan yang akan terus terjadi berulang-ulang ketika sumbernya tidak dibenahi.

"Kalau kita masih mengacu pada konstitusi amandemen sekarang, masalah-masalah itu masih terus berlanjut bahkan makin parah. Jadi agar debat ini penuh substansi harus ada capres berani nyatakan kita harus kembali ke UUD 45 asli," tegasnya.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...