logo

22/01/19

Ma'ruf Amin: Tafsirnya Bukan Jalalain Tapi Jalan Lain

Ma'ruf Amin: Tafsirnya Bukan Jalalain Tapi Jalan Lain

NUSANEWS - Cawapres KH Ma'ruf Amin menyebut saat ini ada pihak melakukan penyimpangan dalam menafsirkan ajaran islam. Menurut dia, penyimpangan tersebut berbeda dari tafsiran al-Jalalain.

"Kita akan menjaga agama, dari pikiran yang menyimpang. Penafsiran yang menyimpang, kalau kita pakai tafsir Jalalain, tapi ada juga bikin tafsir jalan lain," canda Ma'ruf Amin yang disambut tawa santri di Pondok Pesantren Al-Islam, Mlarak, Ponorogo, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019).

Diketahui, tafsir al-Jalalain merupakan kitab tafsir al-Qur'an yang disusun oleh Jalaluddin al-Mahalli pada tahun 1459 silam. Kemudian tafsiran tersebut dilanjutkan muridnya bernama Jalaluddin as-Suyuthi.

Mantan Rais Aam PBNU itu mengatakan jika pihak yang salah menafsirkan ajaran agama akan menjadi radikal dan intoleran. Padahal Indonesia mengajarkan kerukunan dan keutuhan bangsa meski berbeda agama apapun.

"Makanya tafsirnya menjadi radikal, kemudian tafsir menjadi intoleran. Ajaran islam yang toleran dan tasawuf, bukan saja seagama lakum dinukum waliya din, bagimu agamamu, bagiku agamaku," kata dia.

Selain itu, Ma'ruf juga menyemangati para santri terus percaya diri dan optimis. Mustasyar PBNU itu mencontohkan ada pihaknya yang menyebut Indonesia akan punah.

"Ada juga bilang negara ini akan punah, memang purbakala apa? Yang punah itu Dinosaurus tapi kita berharap Indonesia pada massa depan akan lebih besar, kuat, lebih maju dan akan lebih sejahtera, insyaallah," jelas dia.

Saat ini, menurut dia capres petahana Jokowi sudah bekerja membangun bangsa dan negara. Sehingga Jokowi pantas melanjutkan periode kedua agar pembangunan lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Beliau itu bekerja dengan sungguh-sungguh membangun bangsa dan negara. Yang akan kita lanjutkan periode kedua insyaallah. Beliau bukan janji tapi bukti, beliau sudah membangun jalan tol trans Jawa hingga Papua," kata dia.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...