logo

08/01/19

Mardani Ali Sera: Bukan Tugas KPU Jaga Marwah Capres

Mardani Ali Sera: Bukan Tugas KPU Jaga Marwah Capres

NUSANEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) membeberkan alasan pembocoran pertanyaan debat sebelum tahap debat awal pada 17 Januari mendatang. Salah satu alasannya, untuk menjaga marwah dan martabat para pasangan capres-cawapres sebagai peserta debat.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Komisi II DPR Mardani Ali Sera angkat bicara. Kata dia, bukan tugas KPU untuk menjaga marwah dan martabat capres-cawapres.

"Wajib KPU itu untuk kepentingan publik bukan kepentingan Capres-Cawapres, bukan tugas KPU menjaga marwah atau martabat dari capres," kata Mardani di Komplek Parlemen, Senayan, Selasa (8/1).

Mardani menilai alasan KPU menyampaikan kisi-kisi pertanyaan untuk melindungi kandidat keliru. Dia menuturkan fokus KPU seharusnya membuat debat capres menjadi debat yang substansial.

"Debat yang substansial yang tidak perlu ewuh pakewuh, tugasnya KPU itu memastikan debatnya itu betul betul dapat memberikan masyarakat, kualitas sebenarnya dari capres dan cawapres," kata Mardani.

Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) itu juga menilai KPU seharusnya memberikan kesempatan bagi panelis dan moderator yang disepakati kedua tim pasangan calon untuk mendalami pertanyaan debat capres. Sehingga suasana debat tidak normatif.

"Jangan sampai yang terjadi nanti cuma di level normatif atau cuma sekedar yang penting debat sudah jalan, KPU sudah melaksanakan tugasnya tetapi masyarakat tetap membeli kucing dalam karung, enggak boleh," ucapnya.

Sebelumnya, KPU memutuskan untuk memberikan bocoran pertanyaan kepada capres-cawapres sebelum debat perdana (17/1) mendatang. Ketua KPU RI Arief Budiman menilai pemberian bocoran ini bertujuan untuk menjaga martabat kandidat.

"Kita harus menjaga martabat dua paslon dan kita tidak ingin ada pertanyaan-pertanyaan yang justru saling menjatuhkan," ungkap Arief usai melantik komisioner KPUD se-Sumsel di Palembang, Senin (7/1).

Tim Prabowo dan Jokowi sepakat adanya bocoran tersebut.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...