logo

07/01/19

Kubu Prabowo Kritik Bocoran Pertanyaan Debat: KPU Melecehkan Paslon

Kubu Prabowo Kritik Bocoran Pertanyaan Debat: KPU Melecehkan Paslon

NUSANEWS - Ketua Sekretaris Nasional Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi M Taufik mengkritisi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memberikan kisi-kisi pertanyaan debat kepada capres-cawapres. Menurutnya sikap KPU bukan menjaga martabat paslon melainkan melecehkan paslon.

"Justru dia menurut saya melecehkan paslon, dia anggap paslon itu enggak ngerti. Ini saya kira KPU ini kemunduran," kata Taufik di Seknas Prabowo-Sandi, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (7/1).

Menurutnya, alasan KPU tidak rasional dan cenderung beralibi. Politikus Partai Gerindra menilai sikap KPU tidak wajar dan membuat kemunduran demokrasi.

"Itu namanya ini bukan debat ini namanya kongkow, jadi enggak seru ini yang saya kira kemunduran. Kok debat dikasih tahu dulu saya hey mau debat, tapi saya kasih tahu dulu ini ya pertanyaannya. Mundur ini," ujar dia.

KPU RI memutuskan memberikan bocoran pertanyaan kepada capres-cawapres sebelum debat perdana (17/1) mendatang. Ketua KPU RI Arief Budiman menilai pemberian bocoran ini bertujuan untuk menjaga martabat kandidat.

"Kita harus menjaga martabat dua paslon dan kita tidak ingin ada pertanyaan-pertanyaan yang justru saling menjatuhkan," ungkap Arief usai melantik komisioner KPUD se-Sumsel di Palembang, Senin (7/1).

Menurut dia, kebijakan itu diambil dari pengalaman debat-debat sebelumnya yang pertanyaannya cenderung detail dan terkesan memojokkan paslon lain. Oleh karena itu, pihaknya tak ingin ada pertanyaan lain kecuali yang disiapkan KPU.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...
Loading...