logo

22/01/19

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ali Ngabalin Bilang Begini

Jokowi Borong Sabun Cuci Rp 2 M, Ali Ngabalin Bilang Begini

NUSANEWS - Badan Pemenangan Nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mempertanyakan dana yang dipakai Presiden Joko Widodo untuk membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar. Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin yakin dana yang digunakan berasal dari kantong pribadi Jokowi.

"Insyaallah saya pastikan dana sebesar itu pasti Presiden memiliki dana pribadi," kata Ngabalin di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Ngabalin pun yakin Jokowi memiliki anggaran dari kantong pribadi senilai miliaran rupiah. "Bilang sama siapa saja yang ngomong deh, masa sih Presiden nggak punya uang sampai Rp 2 miliar?" katanya.

Soal pembelian sabun cuci piring itu, Ngabalin mengatakan hal tersebut ditujukan untuk memberi dorongan kepada pegiat UMKM di Kabupaten Garut. Untuk diketahui, Jokowi membeli sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar itu dari salah satu ibu pegiat UMKM Kabupaten Garut, yang juga tergabung dalam Program Keluarga Harapan (PKH), yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial.

Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin (Andhika Prasetia/detikcom)

"Kalau toh nanti dari 100 ribu botol sabun cuci yang dipesan oleh Presiden kepada Ibu Ely, itu dimaksudkan agar bisa memberikan dorongan kepada ibu-ibu yang tergabung dalam keluarga harapan yang ada di Kemensos. Karena ibu itu ternyata mendapat cara membuat sabun itu dari hasil browsing. Paten kan? Masa sih dengan cara begitu Presiden memberikan motivasi jualan kok ujungnya nyerang pribadi," jelas Ngabalin.

"Nggak banyak itu Rp 2 miliar. Orang gue aja lebih dari itu," imbuhnya.

Sebelumnya, BPN Prabowo-Sandi mengapresiasi aksi Jokowi yang memborong 100 ribu botol sabun cuci piring senilai Rp 2 miliar saat berkunjung ke Garut, Jawa Barat. Namun BPN mempertanyakan apakah dana yang dipakai Jokowi menggunakan kocek pribadi atau anggaran negara.

"Tapi tentu kami ingin mengetahui pembelian ini apakah dengan anggaran negara atau uang pribadi Pak Jokowi? Karena aksi beli ini terkesan Pak Jokowi lagi berkampanye di Jabar," ujar Jubir BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, Senin (21/1).

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...