logo

17/01/19

Jelang Debat , Tim Jokowi Klaim Prabowo Bukan Lawan Sebanding

Jelang Debat , Tim Jokowi Klaim Prabowo Bukan Lawan Sebanding

NUSANEWS - Anggota Tim Pemenangan Pasangan Capres Joko Widodo-Maaruf Amin Benny Ramdhani mengatakan Jokowi-Maaruf tidak ada persiapan khusus menghadapi diskusi Capres perdana yang akan digelar Kamis (17/1/2019).

"Tidak ada persiapan khusus dari Jokowi-Maaruf. Karena lawan tading adalah lawan yang tidak sebanding," katanya kepada INILAHCOM, Rabu (16/1/2019).

Ketua DPP Partai Hanura ini menyatakan ada beberapa pembeda antara Jokowi dan Prabowo dalam menghadapi debat ini. Pertama Jokowi adalah Presiden selama lima tahun terakhir. Apa yang akan disampaikan, alat ukurnya berangkat dari keberhasilan sejumlah sektor selama lima tahun jadi presiden.

"Yang akan disampaikan Jokowi adalah visi dan misi yang terukur. Kedua Jokowi akan bicara fakta. Jokowi akan bicara fakta-fakta empiris di lapangan selama 5 tahun memimpin Indonesia dan tidak perlu dijelaskan lagi, hasil survei hampir 80 persen menyatakan rakyat puas dengan kinerja Jokowi," ungkapnya.

Sedangkan di sisi lain ia menyebut Prabowo-Sandiaga akan menyampaikan sesuatu berdasarkan hal-hal teoritis.

"Jadi pembedanya jelas. Jokowi akan bicara berdasarkan bukti nyata, ini yang akan digunakan untuk merancang dan merencanakan untuk lima tahun kedepan. Prabowo perencanaannya berdasarkan janji," katanya.

"Pada dasarnya rangkaian debat tahun ini tidak berat. Yang berat itu waktu tahun 2014. Ini tidak berat karena lawannya adalah lawan tanding yang tidak sebanding," tegasnya.

Sebagaimana diberitakan, Debat capres 2019 akan segera digelar. KPU sudah menjadwalkan acara debat capres 2019 dibagi menjadi beberapa sesi. Tema debat capres 2019 pun dibagi menjadi lima topik.

KPU merencanakan debat capres 2019 digelar sebanyak lima kali sebelum hari pencoblosan yang jatuh pada 17 April 2019. KPU bersama tim pemenangan kedua capres sudah menentukan susunan debat capres 2019 agar dapat berjalan kondusif.

Baik pihak Jokowi dan Prabowo menyepakati debat capres 2019 digelar di Jakarta. Khusus untuk sesi terakhir debat capres 2019, KPU beserta kedua kubu belum menyepakati tanggalnya. Mereka masih ingin melihat jadwal masing-masing kubu di bulan April.

Sesi pertama debat capres 2019 antara Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto akan digelar pada Kamis (17/1/2019) pukul 19.00 WIB. Bila sesuai rencana, debat capres 2019 sesi pertama antara Jokowi dan Prabowo akan dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta.

KPU telah menunjuk dua moderator untuk bertugas di sesi pertama debat capres 2019. Mereka adalah Ira Koesno dan Imam Priyono. Ira Koesno dan Imam Priyono akan memandu debat capres 2019 yang membahas hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. Keduanya sudah menegaskan akan bersikap netral pada debat capres 2019 sesi pertama tersebut.

Berikut rincian debat capres 2019.

1. Debat Pertama

Tema: Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme
Hari/ Tanggal : Kamis, 17 Januari 2019
Tempat: Hotel Bidakara, Jakarta


2. Debat Kedua

Tema : Energi dan Pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, dan Infrastruktur
Hari/ Tanggal: Minggu, 17 Februari 2019
Lokasi : Hotel Sultan, Jakarta

3. Debat Ketiga

Tema : Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan
Hari/ Tanggal : Minggu, 17 Maret 2019
Lokasi : Hotel Sunan, Jakarta

4. Debat Keempat

Tema : Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan serta Hubungan Internasional
Hari/ Tanggal : Sabtu, 30 Maret 2019


5. Debat Kelima

Tema : Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...