logo

15/01/19

IDI soal Klaim Prabowo: Gaji Dokter Masih Banyak di Bawah Rp 3 Juta

IDI soal Klaim Prabowo: Gaji Dokter Masih Banyak di Bawah Rp 3 Juta

NUSANEWS - Capres Prabowo Subianto menyebut gaji seorang dokter tidak melebihi gaji tukang parkir mobil. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tidak mengetahui persis besaran gaji tukang parkir yang dimaksud Prabowo. Namun IDI menyebut kebanyakan gaji dokter di Indonesia di bawah Rp 3 juta.

"Bisa jadi seperti itu, karena saya tidak tahu persis berapa pendapatan (tukang) parkir. Yang saya tahu, dari info yang disampaikan oleh teman-teman dokter di berbagai daerah, masih banyak dokter yang pendapatannya masih di bawah Rp 3 juta," ujar Ketum Pengurus Besar IDI, Dr. Daeng M Faqih kepada wartawan, Senin (14/1/2019).

Faqih mengatakan, mayoritas dokter umum yang masih praktek berada pada golongan III. Para dokter ini, disebut Faqih paling banyak bekerja dengan pengalaman di bawah 5 dan 10 tahun.

"Rata-rata dokter umum yang jadi garda terdepan pelayanan kesehatan adalah golongan III dengan lama kerja paling banyak di bawah 5 tahun dan di bawah 10 tahun," jelasnya.

Sebagai gambaran, IDI menjelaskan gaji pokok para dokter masih ditambah jasa pelayanan. Rata-rata para dokter mendapat uang dari jasa pelayanan sebesar Rp 500 ribu.

"Gambarannya gaji pokok plus jasa pelayanan BPJS yang masih banyak di angka kisaran Rp 500 ribu per bulan. Kisaran Rp 500 ribu per bulan itu jasa pelayanan dari bagi-bagi kapitasi BPJS. Memang ada yang lebih dari itu tapi kebanyakan rata-rata di kisaran Rp 500 ribu per bulan," urai Faqih.

Pernyataan tersebut sebelumnya disampaikan Prabowo dalam pidato 'Indonesia Menang'. Prabowo menyinggung jumlah pendapatan dokter di Tanah Air.

"Dokter-dokter harus mendapat penghasilan yang layak. Sekarang banyak dokter-dokter kita gajinya lebih kecil dari tukang jaga parkir mobil," sebut Prabowo di JCC Senayan, Jakarta, Senin (14/1) malam.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...