logo

20/01/19

Debat Pilpres Selanjutnya, Panelis Diminta Bertanya Langsung pada Kandidat

Debat Pilpres Selanjutnya, Panelis Diminta Bertanya Langsung pada Kandidat

NUSANEWS - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo - Ma'ruf Amin, Lena Maryana Mukti meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) melibatkan langsung panelis saat debat capres-cawapres berlangsung.

Menurut dia, panelis debat tidak hanya sekedar menyusun pertanyaan untuk pasangan calon. Melainkan harus hadir langsung pada acara debat dan membacakan pertanyaan untuk kedua kandidat.

"Orang bertanya itu harus ada isinya bukan sekedar membaca kemudian jawabannya, kemudian menjadi kosong. Orang yang menyusun pertanyaan dengan yang membaca itu sangat beda," kata Lena di The Atjeh Connection, Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (19/1/2019).

Dia menilai pertanyaan yang diberikan oleh seorang yang ahli di bidangnya dalam hal ini panelis yang ditunjuk KPU. Sangatlah berbeda dengan orang yang hanya sekedar membacakan pertanyaan seperti moderator.

Disisi lain, jika kandidat masih mempunyai waktu menjawab, panelis bisa memberikan pertanyaan tambahan seperti apa contoh konkretnya dari pernyataan kandidat tersebut.

"Saat angkat isu, masih ada waktu panelis atau kontestan belum tuntas. Panelis bisa mengejar, moderator tidak mengejar," ucapnya.

Lena juga menilai KPU perlu ada evaluasi lebih lanjut terkait sistem debat perdana yang digelar 17 Januari malam lalu.

"Kalau ada menilai cerdas cermat tidak salah sih, itu persepsi publik. Tapi, kita apresiasi KPU dan bilang akan ada evaluasi. Ada masukan dari kita, mungkin akan perbaikan," harap Lena.

SUMBER © NUSANEWS.ID
DISARANKAN! untuk Like dan Follow Sosial Media Nusanews dibawah ini, agar bisa tahu berita terbaru hari ini:

Komentar Pembaca

loading...