logo

20/01/19

Debat Kedua Tanpa Kisi-kisi, Kubu Jokowi: Sejak Awal Kita Tak Minta

Debat Kedua Tanpa Kisi-kisi, Kubu Jokowi: Sejak Awal Kita Tak Minta

NUSANEWS - KPU memutuskan debat kedua pilpres 2019 akan berjalan tanpa kisi-kisi pertanyaan. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menegaskan sejak awal pihaknya memang tak meminta adanya kisi-kisi.

"Sejak awal kita memang tidak pernah meminta untuk ada kis-kisi, paslon 01 dan tim itu selama ini memang mengalir dan mengharap mana yang terbaik," kata Koordinator Debat TKN, Abdul Kadir Karding, kepada wartawan, Sabtu (19/1/2019).

"Yang jelas seluruh kampanye itu harus keliatan memberi edukasi, memberi pendidikan dan tentu lebih dinamis dalam artian positif gitu, harus lebih baik," imbuhnya.

Karding menjelaskan, pada prinsipnya kubu Jokowi-Ma'ruf selalu siapa apa yang menjadi keputusan KPU. Apalagi apabila keputusan KPU tersebut atas kesepakatan bersama.

"Pada prinsipnya kami sangat siap kalau itu menjadi keinginan dari KPU, dan menjadi kesepakatan bersama," jelasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga menyatakan tak mempermasalahkan keputusan KPU tersebut. Menurut Hasto, debat pada dasarnya digelar untuk melihat calon pemimpin dalam menjawab persoalan bangsa dan negara.

"Ya, karena memang juga terbukti kan temanya kemarin HAM dan terorisme, penegakan hukum, tapi yang disampaikan Pak Prabowo kan sering di luar konteks. Maka tidak heran kalau mereka mengusulkan adanya kisi-kisi itu," tutur Hasto, Sabtu (19/1).

Sebelumnya diberitakan, KPU memutuskan tak lagi memberikan kisi-kisi materi pertanyaan debat capres ke pasangan calon. Keputusan ini diambil berdasarkan evaluasi debat pertama.

"Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon," ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan, saat dihubungi, Sabtu (19/1).

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...