logo

11/01/19

Dana Kampanye Jokowi Disokong Pihak Ketiga, Moeldoko Pastikan Tak Ada Balas Jasa

Dana Kampanye Jokowi Disokong Pihak Ketiga, Moeldoko Pastikan Tak Ada Balas Jasa

NUSANEWS - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi- Ma'ruf Amin, Moeldoko, mengaku tak masalah dana kampanye Jokowi disokong pihak ketiga atau pengusaha. Dia memastikan Jokowi tidak akan menggunakan kekuasaannya untuk membalas jasa kepada para pengusaha, apabila terpilih kembali nanti.

Moeldoko mengatakan pada Pilpres 2014 lalu, banyak pengusaha yang menyumbang untuk dana kampanye Jokowi. Namun, Jokowi tak memberikan kemudahan kepada para pengusaha itu.

"Pada periode pertama ini, saya pikir situasi itu berjalan di 2014. Mungkin situasinya hampir sama. Tapi kenyataannya, apakah selama 4 tahun ini ada balas jasa tentang itu? Saya pikir gak ada," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (11/1).

Mantan Panglima TNI itu mengaku tak khawatir nantinya akan ada pengusaha yang meminta balas jasa kepada Jokowi. Menurut Moeldoko, Jokowi selama ini selalu memprioritaskan kepentingan rakyat.

"Gak ada toleransi, kemudahan-kemudahan, prioritas-prioritas gak ada. Saya pikir itu sebuah pembuktian. Selama 4 tahun bisa dilihat, pernahkah beliau memberi toleransi atau prioritas? Itu jawabannya seperti itu," jelasnya.

Sebagai informasi, Indonesian Corruption Watch (ICW) mencatat dana kampanye Jokowi-Maruf yang dilaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar Rp 55, 9 miliar. Sebesar Rp 37,9 miliar atau 86 persen berasal dari Perkumpulan Golfer TBIG dan Golfer TRG. 14 persen sisanya berasal dari badan usaha, parpol, dana pribadi Jokowi, dan perseorangan.

Sementara itu, dana kampanye Prabowo-Sandi yang dilaporkan ke KPU sebesar Rp 56,05 miliar, dengan rincian 73 persen dari Sandiaga dan 24 persen dari Prabowo, sisanya berasal dari kelompok, parpol, dan perseorangan.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...