logo

20/01/19

BPN soal Debat Capres: Prabowo Pakai Isi Kepala, Jokowi Pakai Teks

BPN soal Debat Capres: Prabowo Pakai Isi Kepala, Jokowi Pakai Teks

NUSANEWS - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menyampaikan perbandingan antara pasangan jagoannya dan Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Prabowo disebut debat menggunakan isi kepala, sementara Jokowi dengan sontekan teks.

"Waktu debat kemarin memang terlihat perbedaan Pak Jokowi dan Pak Prabowo. Dalam menyampaikan visi dan misi saja Pak Jokowi harus dengan membaca catatan dari kertas kecil berlembar-lembar, kalau tidak salah warnanya kuning," ungkap juru bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Andre Rosiade, kepada wartawan, Sabtu (19/1/2019).

Ia membandingkan dengan Prabowo, yang menyampaikan visi-misinya tanpa membaca. Andre juga menyindir Ma'ruf yang kerap membuka-buka kertas 'sontekan' saat debat.

"Bahkan teman-teman banyak melihat dengan jelas Kiai Ma'ruf Amin memegang kertas-kertas putih kecil. Di mana beliau sibuk dengan kertas beliau tersebut," sebut politikus Gerindra itu.

"Teman-teman juga melihat di meja paslon 01 ada juga tablet kecil yang terbuka dan sering kali capres 01 melihat ke tablet maupun kertas yang ada di meja," imbuh Andre.

Ia pun membanggakan performa Prabowo yang dinilainya berada jauh di atas Jokowi. Andre membandingkan Prabowo menggunakan kepalanya, sementara Jokowi memakai teks dalam debat capres-cawapres pada Kamis (17/1) lalu.

"Kesimpulannya bagi rakyat Indonesia sudah jelas. Pak Prabowo pakai isi kepala dalam debat, sedangkan Pak Jokowi pakai teks dalam debat pertama kemarin," tuturnya.

Isu soal ini juga tengah banyak diperbincangkan di media sosial. Bahkan banyak cuplikan video yang beredar ketika Jokowi dan Ma'ruf terlihat tengah membaca teks. Beberapa video pun memperlihatkan Ma'ruf membolak-balikkan kertas-kertas kecil.

"Rekaman video di medsos itu menunjukkan bahwa pasangan 01 memang membutuhkan sontekan dalam debat pertama," sebut Andre.

Dalam debat perdana lalu, Prabowo-Sandiaga sebenarnya juga membawa lembaran kertas. Namun, menurut Andre, lembaran kertas itu bukan sontekan.

"Memang Bang Sandi terlihat memegang kertas sebesar A4 yang isinya hanya pointers. Tapi saat bicara, Bang Sandi berbicara sambil menatap ke depan kepada pemirsa, bukan melihat sontekan," ujar caleg Gerindra Dapil Sumbar 1 itu.

"Bang Sandi tampil memukau dan santun. Istilah zaman now-nya Bang Sandi tampil wow," tambah Andre.

SUMBER © NUSANEWS.ID

Komentar Pembaca

loading...